Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salsabila Oscar

Resiko Telat Bayar Kredit Pintar Perhatikan Bahaya Ini

Teknologi | Monday, 24 Jan 2022, 13:16 WIB

Resiko Telat Bayar Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan salah satu platform pinjaman online yang memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan dana pinjaman. Pinjaman bank memang lebih menjamin, namun tentunya membutuhkan waktu yang lama dan belum tentu Anda diterima.

Baca juga: 7 Resiko Telat Bayar Julo! Kamu Wajib Tahu

Oleh sebab itu, banyak orang yang akhirnya beralih ke pinjaman online seperti Kredit Pintar ini. Meskipun telah diberikan kemudahan, masih banyak orang yang terhambat, terutama masalah pembayaran cicilan pinjaman.

Klaim Sekarang Bonus Referral Neo+ 1 Juta

Padahal, akan ada resiko telat bayar yang bisa menghantui Anda setiap harinya sampai pengembalian dana dilakukan. Berikut beberapa resiko yang dimaksud:

1. Menumpuknya Bunga dan Denda

Sama seperti pinjaman online yang lainnya, Kredit Pintar juga menerapkan sanksi bagi peminjam dana yang terlambat membayar pinjaman. Sanksi tersebut adalah denda keterlambatan pelunasan yang memang telah dijelaskan sebelum Anda meminjam dana.

Baca juga: 8 Resiko Telat Bayar Easy Cash! Pemula Wajib Tahu

Adapun besaran denda yang ditetapkan pihak Kredit Pintar berkisar antara 1,35-1,37% dari pinjaman pokok dan tenornya. Namun, Kredit Pintar juga dapat menerapkan denda maksimal sebesar 100% dari pinjaman pokok.

Selain dikenakan denda, keterlambatan membayar juga mengakibatkan Anda harus membayar bunga yang terus berjalan meskipun melebihi masa jatuh tempo. Bunga Kredit Pintar juga tergolong tinggi, yakni 0,8% per hari.

Jadi, jika terlambat membayar berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan akan sangat menyusahkan dan menambah beban utang Anda di pinjaman online ini.

2. Riwayat Kredit Memburuk

Resiko telat bayar Kredit Pintar yang berikutnya adalah memburuknya riwayat kredit. Kita tahu bahwa telat membayar utang di Kredit Pintar adalah pelanggaran perjanjian dan ketentuan. Oleh sebab itu, Anda akan mendapatkan kesan buruk.

Meskipun menggunakan aplikasi, Kredit Pintar menggunakan teknologi AI yang canggih sehingga seluruh aktivitas pinjaman pengguna aplikasi dapat terlacak. Jika terlambat membayar, maka riwayat kredit yang akan tercatat di aplikasi juga akan menjadi buruk.

Baca juga: 11 Resiko Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku

Sebaliknya, jika Anda mengembalikan dana tepat waktu maka riwayat kredit pun akan menjadi baik. Baik-buruknya riwayat kredit ini bisa mempengaruhi pengajuan pinjaman berikutnya serta fasilitas produk pinjaman juga akan berpengaruh.

Pengguna dengan riwayat kredit yang buruk bisa jadi akan kesulitan mengajukan pinjaman berikutnya dan tidak bisa menikmati produk pinjaman yang lebih besar.

3. Terganggunya Aktivitas

Setiap pinjaman online memiliki prosedur tersendiri dalam menjalankan penagihan pembayaran, termasuk prosedur jika pengguna telat membayar tagihan pinjaman dana. Umumnya, pihak Customer Service akan menghubungi pengguna Kredit Pintar yang belum membayar tagihan.

Baca juga: Cara Daftar Neo+ Bonus Referral 1 Juta (NeoBank)

Panggilan telepon tersebut mungkin tidak akan terlalu mengganggu jika Anda sudah menyiapkan dana untuk membayar. Namun, hal ini justru akan menjadi beban dan gangguan yang begitu besar jika Anda sedang tidak punya uang untuk membayar.

Belum lagi jika Anda ternyata sedang memiliki masalah lain dan kebetulan tengah bekerja di kantor, tentu tekanan akan menjadi semakin berat. Oleh sebab itu, sebaiknya pertimbangkan resiko yang satu ini ketika Anda hendak meminjam dana di Kredit Pintar.

Tips Agar Tidak Terlambat Membayar

Banyak orang yang mengaku kesulitan membayar utang aplikasi pinjaman online karena tenor yang singkat dan bunga yang tinggi. Namun, sebenarnya hal itu bisa diatasi jika Anda mengetahui bagaimana strategi yang bisa diterapkan agar pengembalian dana lebih lancar.

Strategi tersebut sekaligus menjadi hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak mengajukan pinjaman, selain memperhatikan resiko telat bayar Kredit Pintar di atas. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar pembayaran utang tidak mengalami keterlambatan:

1. Perhatikan Tujuan Anda Meminjam

Setiap orang pasti punya alasan mengapa berani mengajukan pinjaman uang ke aplikasi pinjaman online. Selain alasan tidak punya uang, alasan seperti butuh modal usaha, membutuhkan dana darurat, dan lain sebagainya merupakan yang paling umum.

Salah satu cara yang bisa digunakan agar pengembalian dana pinjaman Anda tidak mengalami keterlambatan adalah dengan memperhatikan apa tujuan Anda mengajukan pinjaman. Hal ini perlu ditekankan karena resiko yang akan Anda hadapi tidak main-main.

Jika hanya sekedar membutuhkan uang untuk makan sehari-hari, sebaiknya tunda keinginan Anda untuk meminjam uang di sini. Begitu juga ketika Anda berniat meminjam untuk melunasi utang lainnya, hal ini justru akan menjadi malapetaka bagi Anda.

Pinjamlah dengan alasan yang benar-benar krusial dan Anda yakin bisa mengembalikannya dalam waktu singkat. Salah satunya mungkin Anda membutuhkan dana di saat gaji belum cair dan lain sebagainya.

2. Angsuran Jangan Melebihi 30% dari Penghasilan

Selain memperhatikan alasan, gaji bulanan Anda juga perlu diperhatikan. Menurut pengamatan banyak pakar keuangan, angka 30% adalah angka batas maksimal bagi jumlah utang Anda per bulan. Itu artinya, jangan sampai jumlah pembayaran utang per bulannya melebihi angka tersebut.

Hal ini memang sesuai dengan keadaan karena pada umumnya masing-masing orang memiliki kebutuhannya masing-masing. Kebutuhan tersebut tentu tidak berjalan satu atau dua hari saja, melainkan selama Anda hidup.

Oleh sebab itu, jangan sampai angsuran pinjaman Kredit Pintar Anda melebihi 30% dari gaji bulanan.

Jika melebihi, kemungkinan besar utang tersebut akan menjadi beban dan walaupun bisa dibayar lunas tepat waktu maka kebutuhan Anda itulah yang akan menjadi korbannya.

3. Perhatikan Bunga dan Waktu Pelunasan

Banyak orang tidak bisa mengembalikan pinjaman tepat waktu karena terlilit bunga yang begitu besar. Selain bunga, tenor pinjaman juga menjadi alasan utang sangat memberatkan, terutama jika tenornya singkat.

Sebelum mengajukan pinjaman, alangkah lebih baiknya jika Anda mempertimbangkan besaran bunga dan tenor yang ditawarkan. Jangan sampai bunga terlalu banyak dan tenor terlalu singkat untuk bunga sebesar itu.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Akulaku 100% Pasti Cair

Perhatikan tanggal jatuh tempo pinjaman, usahakan jangan sampai tanggal tersebut jatuh sebelum Anda memiliki dana pasti seperti gaji bulanan.

Tidak hanya itu, hitung tanggal jatuh tempo tersebut agar sekiranya bisa menyiapkan dana pengembalian sesuai dengan waktu yang telah diberikan.

Resiko telat bayar Kredit Pintar jangan sampai Anda sepelekan karena bisa menjadi beban yang memberatkan bagi Anda kedepannya.

Melihat hal itu, sudah selayaknya agar Anda bijak dalam mengajukan pinjaman, jangan hanya asal iseng meminjam tanpa mau melunasinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image