Senin 24 Jan 2022 15:13 WIB

Kabar Terkini Pandemi Dunia, Rekor Kasus di Rusia Hingga Pemusnahan Hamster

India melaporkan lebih dari 300.000 kasus baru selama empat hari berturut-turut.

Ilustrasi virus corona.
Foto: Pixabay
Ilustrasi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi covid-19 masih terjadi di seluruh dunia. Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia:

Asia-Pasifik

Baca Juga

Panitia pelaksana Olimpiade Musim Dingin Beijing menemukan 72 kasus COVID-19 di antara 2.586 orang yang terlibat dalam pesta olahraga itu. Mereka masuk ke China pada 4-22 Januari. Tak satu pun dari 171 atlet dan ofisial yang tiba pada periode itu terinfeksi virus corona.

Pemerintah kota Beijing memberlakukan aturan baru untuk menekan wabah COVID-19 ketika ibu kota China itu terus mencatat kasus lokal baru kurang dari dua pekan sebelum menggelar Olimpiade Musim Dingin.

Australia kembali mencatat kenaikan angka kematian akibat COVID-19 pada Senin ketika wabah varian Omicron memuncak. Pihak berwenang memperingatkan kematian bisa bertambah banyak saat sekolah kembali dibuka pekan depan setelah liburan akhir tahun.

India melaporkan lebih dari 300.000 kasus baru selama empat hari berturut-turut meskipun jumlah kasus dalam 24 jam terakhir sedikit lebih rendah daripada sehari sebelumnya, menurut data pemerintah, Ahad (23/1/2022).

Selandia Baru akan menerapkan aturan pemakaian masker dan batasan kerumunan orang mulai tengah malam pada Ahad setelah klaster dari sembilan kasus varian Omicron menunjukkan adanya penularan lokal dari pulau-pulau Utara sampai Selatan.

Hong Kong pada Selasa (25/1/2022) akan mengambil langkah-langkah untuk memangkas jumlah pegawai negeri yang bekerja di kantor ketika kota itu mencatat sejumlah kasus COVID-19 jelang liburan Tahun Baru Imlek.

Otoritas Hong Kong mengatakan seekor hamster yang diserahkan kepada mereka oleh pemiliknya terbukti positif COVID-19. Mereka juga mengatakan bahwa lebih dari 2.200 hamster akan dimusnahkan.

Timur Tengah dan Afrika

Dosis keempat vaksin COVID-19 yang diberikan kepada orang-orang berusia 60 tahun ke atas di Israel membuat mereka tiga kali lebih kebal terhadap penyakit serius. Data ini dibandingkan dengan orang-orang yang menerima dosis ketiga atau penguat (booster) pada kelompok usia yang sama, kata Kementerian Kesehatan Israel.

Amerika

Brasil mencatat 135.080 kasus baru dan 296 kematian dalam 24 jam terakhir, kata kementerian kesehatan setempat, saat negara itu dilanda wabah Omicron.

Eropa

Puluhan ribu orang memprotes pembatasan COVID-19 di Brussel, Belgia, beberapa di antaranya bentrok dengan polisi yang menembakkan meriam air dan gas air mata untuk membubarkan mereka yang beraksi di dekat markas Komisi Eropa.

Rusia pada Ahad (23/1/2022) melaporkan rekor kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir ketika Omicron menyebar ke seluruh negeri.

Perkembangan Medis

Presiden direktur Pfizer Albert Bourla mengatakan dalam perang melawan pandemi, satu dosis vaksin COVID-19 tahunan akan lebih disukai daripada dosis penguat yang disuntikkan berkali-kali.

 

sumber : antara/reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement