Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Waspada Bahaya Syirik Besar, Apa Itu?

Senin 24 Jan 2022 12:35 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi Lafadz Allah. Waspada Bahaya Syirik Besar, Apa Itu?

Ilustrasi Lafadz Allah. Waspada Bahaya Syirik Besar, Apa Itu?

Foto: Foto : MgRol112
Syirik besar menyebabkan seseorang mendapatkan hukuman kekal di neraka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat berbagai macam hal yang dapat menyebabkan seseorang terjatuh dalam kesyirikan. Apa saja bahaya dari syirik besar?

Dikutip dari buku Ambillah Aqidahmu dari Alquran dan As-sunnah yang shahih yang dipahami Shahabat Radhiyallahu Anhuma karya Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, syirik besar menyebabkan seseorang mendapatkan hukuman yang kekal di neraka, sebagaimana firman Allah:

Baca Juga

...إِنَّهُۥ مَن يُشْرِكْ بِٱللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ ٱللَّهُ عَلَيْهِ ٱلْجَنَّةَ وَمَأْوَىٰهُ ٱلنَّارُۖ وَمَا لِلظَّٰلِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ 

"...Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong pun." (QS Al Maaidah ayat 72)

Dan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,   

ومن لقي الله يشر ك به شيئا دخل النار

"Barangsiapa bertemu dengan Allah sementara ia menyekutukan Allah dengan sesuatu, maka ia akan masuk neraka." (HR Muslim).

Termasuk ke dalam syirik besar apabila meminta bantuan atau mencari berkah dari mereka yang mati atau yang tidak hadir (ghaib). Manusia dapat meminta bantuan dan pertolongan hanya kepada Allah SWT. Allah Ta'ala berfirman, 

وَالَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ لَا يَخْلُقُوْنَ شَيْـًٔا وَّهُمْ يُخْلَقُوْنَۗ اَمْوَاتٌ غَيْرُ اَحْيَاۤءٍ ۗوَمَا يَشْعُرُوْنَۙ اَيَّانَ يُبْعَثُوْنَ 

"Dan (berhala-berhala) yang mereka seru selain Allah, tidak dapat membuat sesuatu apa pun, sedang berhala-berhala itu (sendiri) dibuat orang.(Berhala-berhala itu) benda mati, tidak hidup, dan berhala-berhala itu tidak mengetahui kapankah (penyembahnya) dibangkitkan" (QS An-Nahl ayat 20-21)

Dan, Allah Ta'ala berfirman 

اِذْ تَسْتَغِيْثُوْنَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ...

"(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu..." (QS. Al-Anfaal ayat sembilan).

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA