Pemprov Jabar Perbaiki 2.400 Rutilahu di Garut

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto

Ketua Umum Jabar Bergerak, Atalia Praratya Kamil mengunjungi Kampung Leuwi Daun, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut untuk memberikan bantuan rutilahu kepada masyarakat, Jumat (19/2).
Ketua Umum Jabar Bergerak, Atalia Praratya Kamil mengunjungi Kampung Leuwi Daun, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut untuk memberikan bantuan rutilahu kepada masyarakat, Jumat (19/2). | Foto: Diskominfo Garut

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar telah memperbaiki 2.400 rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kabupaten Garut sepanjang tahun 2021. Program perbaikan rutilahu ini merupakan komitmen Pemda Jawa Barat dalam menyejahterakan warga. 

"Di Garut ada 2.400-an pada tahun lalu yang kita bantu. Insya Allah kita bantu lagi di tahun ini. Mudah-mudahan terasa langsung oleh masyarakat dari rakyat uangnya kembali ke rakyat," kata Ridwan Kamil saat mengunjungi beberapa titik rutilahu yang telah rampung diperbaiki di Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut, Ahad (23/1/2022).

Dia mengatakan, diharapkan melalui program ini bisa memberikan kebermanfaatan secara langsung bagi masyarakat Garut khususnya. Apalagi, program perbaikan rutilahu merupakan komitmen Pemda Jawa Barat dalam menyejahterakan warga.

Hingga saat ini, menurut Kang Emil sapaan Ridwan Kamil, sudah 38.290 rutilahu di 1.232 desa dan kelurahan yang tersebar di 27 kabupaten/kota sepanjang tahun 2021 yang diperbaiki. Gubernur menjelaskan, bahwa pemilihan rumah yang diperbaiki merupakan hasil aspirasi dari tingkat RT/RW yang diseleksi menyesuaikan dengan kebutuhan paling mendesak.

"Proses pemilihan merupakan aspirasi dari bawah, untuk itu silakan ajukan kepada kepala desa (atau lurah) lewat RT/RW nanti diseleksi sesuai jatahnya, kalau belum dapat mohon bersabar menunggu di tahun berikutnya," katanya.

Gubernur menyebut program ini merupakan rasa sayang Pemda Provinsi Jawa Barat terhadap warganya yang bisa menjadi kabar bahagia selama pandemi Covid-19. Menurut Gubernur, setiap tahun Pemda Jabar selalu menganggarkan dana untuk rutilahu. Namun dikarenakan pandemi Covid-19, Jabar mengalami sedikit kendala dari segi jumlah dana.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Jabar Berikan Bantuan Rp 450 Miliar untuk Kabupaten Garut

Jalur Kereta Cibatu-Garut akan Diresmikan Presiden

Ridwan Kamil akan Buat Kampung Inggris di Jabar

Soal Pilpres, Ridwan Kamil Terus Ikhtiar

Waspada, Omicron di Jabar Mayoritas dari Bodebek

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image