Ahad 23 Jan 2022 23:31 WIB

 Di Cianjur, Menteri BUMN Apresiasi Pekerja Migran Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir sebut pemerintah mendorong pekerja migran jadi profesional

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir berkunjung di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/1/2022).
Foto: Dok Kementerian BUMN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir berkunjung di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan apresiasi kepada pekerja migran Indonesia di Pendopo Tumaritis Kabupaten Cianjur, Ahad (23/1/2022). Di mana pekerja migran merupakan pejuang devisa yang harus didorong terus menjadi profesional.

Dalam momen ini juga hadir Bupati Cianjur Herman Suherman dan Deputi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Irjen Pol. Achmad Kartiko. "Pekerja migran adalah pejuang devisa, karena itu pemerintah terus mendorong pekerja migran secara penuh untuk menjadi tingkat profesional," ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

Itulah kenapa sekarang BP2MI membangun ekosistem supaya pekerja profesional Indonesia yang ada di mancanegara itu bagian juga pekerja imigran. Jadi itu kenapa persepsinya harus sama. Erick menerangkan, bagi masyarakat yang akan bekerja ke luar negeri, tidak perlu meminjam uang mahal. Sebab ada bank negara disitulah Bank BNI berperan

Sehingga masyarakat yang pergi, mempunyai track record yang baik di perbankan. "Kalau selesai bekerja mau membuka usaha, sudah ada data-datanya sehingga bank bisa mendampingi dalam berbagai jenis usaha," cetus Erick.

Kementerian BUMN lanjut Erick, juga sangat mendorong kebijakan membantu UMKM, baik dari segi pembiayaan maupun pendampingan.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri bazar murah minyak goreng di Alun-Alun Kabupaten Cianjur, Ahad (23/1/2022). Momen bazar murah minyak goreng ini diserbu warga Cianjur yang mengantri sejak Ahad pagi.

Pada acara yang digagas Kementerian BUMN, PTPN, dan Pemkab Cianjur tersebut juga dihadiri Bupati Cianjur Herman Suherman. "Saya di Cianjur agenda PTPN melakukan operasi pasar sesuai arahan presiden," ujar Menteri BUMN Erick Thohir kepada wartawan.

Di mana PTPN hanya 4 persen dari produksi kelapa sawit dan berkomitmen mendukung program presiden dimana seperempat dari kapasitas untuk operasi pasar minyak goreng. Ia mengatakan operasi pasar murah minyak goreng PTPN ini sebelumnya digelar di Sumatera Utara dan kini di Jawa Barat. Sementara provinsi lainnya akan menyusul.

Erick menyambut baik pelaksanaan operasi pasar minyak goreng di Cianjur yang dilakukan di Alun-Alun. '"Mudah mudahan bisa membantu ibu-ibu," imbuh dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement