Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Benarkah Jin dan Malaikat Bisa Membantu Manusia?

Senin 24 Jan 2022 00:27 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Benarkah Jin dan Malaikat Bisa Membantu Manusia?

Benarkah Jin dan Malaikat Bisa Membantu Manusia?

Foto: Pixabay
Bagi seorang Muslim, kepercayaan pada malaikat adalah hal penting dalam akidah.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Malaikat dan jin dalam terminologi Islam termasuk dalam wilayah gaib. Menurut definisi, mereka tidak terlihat oleh panca indera manusia, yang berarti tidak dapat dilihat, didengar, maupun disentuh.

Dari sudut pandang ini, baik malaikat maupun jin bukanlah subjek dari pengalaman manusia di dunia ini. Filsafat materialistis mengesampingkan kemungkinan keberadaan segala sesuatu yang tidak terlihat oleh panca indera.

Baca Juga

Tetapi, inti dari agama adalah kepercayaan pada yang gaib. Dalam Alquran Surat Al-Baqarah Ayat 2 disebutkan, orang-orang yang beriman adalah mereka yang percaya pada yang ghaib.

Bagi seorang Muslim, kepercayaan pada malaikat adalah hal terpenting dari akidah Islam. Orang-orang mengatakan Allah SWT mengungkapkan diri-Nya kepada para Nabi melalui para malaikat, khususnya melalui pemimpin di antara mereka, yaitu malaikat Jibril.

Adapun interaksi antara manusia dan malaikat, Allah berfirman dalam Alquran yang Mulia, "Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah". (QS Ar-Ra'd ayat 11)

"Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (amal perbuatanmu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan". (QS. Al-Infitar Ayat 10-12)

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA