Ahad 23 Jan 2022 18:36 WIB

Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki Beserta Niatnya

Tata cara sholat jenazah laki-laki beserta niatnya.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sholat jenazah. Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki Beserta Niatnya
Foto: Republika/Abdan Syakura
Ilustrasi sholat jenazah. Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki Beserta Niatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tata cara sholat jenazah sebagaimana yang disebutkan di dalam hadits Nabi SAW adalah sebagai berikut.

Dalam buku Fikih Shalat Jenazah tulisan Ustadz Ahmad Sarwat menyebut, Dari Abi Umamah bin Sahl bahwa seorang sahabat Nabi SAW mengabarkannya bahwa aturan sunnah dalam sholat jenazah itu adalah imam bertakbir kemudian membaca Al-Fatihah sesudah takbir yang pertama secara sirr di dalam hatinya. Kemudian bershalawat kepada Nabi SAW, menyampaikan doa khusus kepada mayyit dan kemudian membaca salam. (HR.Al-Baihaqi). Dalam pandangan mazhab As-Syafi'iyah dan Al Hanabilah, sholat jenazah terdiri dari tujuh rukun.

Baca Juga

Rukun sholat jenazah

  1. Niat
  2. Empat takbir dengan takbiratul ihram
  3. Membaca surat Al-Fatihah setelah takbir yang pertama
  4. Shalawat kepada Rasulullah SAW
  5. Doa untuk mayit setelah takbir ketiga
  6. Salam
  7. Berdiri

Adapun syarat yang pertama sebenarnya gabungan dari semua syarat sah yang berlaku untuk semua shalat, kecuali masalah masuk waktu. Di antara syarat sah shalat yang telah disepakati para ulama adalah muslim, suci dari najis pada badan, pakaian dan tempat, suci dari hadats kecil dan besar, menutup aurat serta menghadap ke kiblat.

Perbedaan shalat jenazah pria dan wanita hanya pada bacaan shalat saja. Adapun bacaan shalat jenazah laki-laki diantaranya, 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement