Ahad 23 Jan 2022 16:36 WIB

Japnas Golf Dibentuk dan Rizky Diansyah Terpilih Jadi Ketua Umum 

Japnas Golf (JAGO) diharapkan menjadi wadah para pengusaha memajukan perekonomian.

Ketua Umum Japnas Golf (JAGO) Rizky Diansyah mengatakan, lahirnya Japnas Golf (JAGO) ini mendapat dukungan dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).
Foto: Istimewa
Ketua Umum Japnas Golf (JAGO) Rizky Diansyah mengatakan, lahirnya Japnas Golf (JAGO) ini mendapat dukungan dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Untuk mendukung program Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Pusat yang berkomitmen menyejahterakan bangsa Indonesia, maka dibentuklah Japnas Golf (JAGO) dan Rizky Diansyah terpilih sebagai Ketua Umum. Lahirnya Japnas (JAGO) ini didasari oleh semangat dalam mengembangkan kolaborasi antara olahraga dan bisnis. Sehingga, bisa memberikan dampak positif kepada bidang usaha masing-masing anggota melalui olah raga golf. 

"Kami, para pengurus pusat Japnas Golf (JAGO) akan siap menjadi pairing, partner dalam berkompetisi dan suporter dalam sinergi bisnis melalui golf," kata dia dalam siaran persnya saat pelantikan Pengurus Japnas Golf (JAGO) di Jakarta, yang diterima Republika.co.id, Ahad (23/1/2022).

Diharapkan, melalui lapangan golf bisa tercipta peluang bisnis baru untuk dikembangkan ataupun dijalanan bersama oleh para anggota. Selain itu pihaknya di lapangan golf akan sering mempersatukan ide, rencana, dan gagasan untuk bisa dikembangan menjadi peluang bisnis.

Rizky menambahkan, Japnas (JAGO) juga akan mengakselerasi visi dan misi yang dimiliki oleh induk organisasi, yaitu Japnas. Seperti diketahui, Japnas memiliki konsentrasi untuk menggeser paradigma pengusaha Indonesia, yang awalnya dari berbasis konsumtif menjadi berbasis produktif.

"Biasanya kita kan menjual barang  atau jasa yang diproduksi oleh pihak lain, diharapkan dengan adanya Japnas Golf (JAGO) kita akan sinergi bekerja sama dan memproduksi barang atau jasa tersebut sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Dan dengan ada Japnas Golf (JAGO) ini diharapkan akan ada peluang-peluang dalam membuka divisi baru usaha yang dilahirkan dilapangan golf." katanya.

Dijelaskan Rizky, lahirnya Japnas Golf (JAGO) ini juga mendapat dukungan dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), dengan ada lembaga ini para anggota Japnas Golf (JAGO) dan Japnas, bisa melakukan riset dalam memulai usaha yang akan dikembangkannya. Dengan harga yang kompetitif dan hasil optimal, BRIN juga menjanjikan pengurangan pajak sampai 300 persen dalam kerja sama tersebut.

Selain itu, lahirnya Japnas Golf (JAGO) juga mendapatkan dukungan dari Galeri 24 yang merupakan anak usaha PT Pegadaian. Para anggota Japnas Golf (JAGO) dan Japnas bisa berkerja sama dengan Galeri 24 untuk pembuatan customise gold yang bisa dipesan untuk diberikan sebagai reward atau gift kepada rekan usaha, klien, atau lainnya. Baik sebagai kenangan-kenangan atau tanda mata dengan logo dan disain sesuai yang diinginkan.

Terkait agenda, Rizky mengatakan, Japnas Golf (JAGO) memiliki dua event reguler yaitu JaGoBar (Japnas Golf Bareng) yang dilakukan setiap bulan, lalu yang kedua adalah SilaturahMen yaitu Silaturahmi sambil turnamen yang akan kita lakukan selama 3 bulan sekali. Selain itu, anggota Japnas Golf akan diberikan kartu membership Birdie special JAGO edition, yang nantinya akan bisa di gunakan untuk mendapatkan diskon saat bermain diratusan lapangan golf di Indonesia. "Selain itu juga untuk mendapatkan diskon di ratusan merchant." katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Japnas Pusat, Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan bahwa Japnas Golf (JAGO) telah diresmikan sebagai badan otonom dan bagian dari Japnas Pusat. Dengan hadirnya Japnas Golf (JAGO) akan mendorong para pengusaha untuk berlomba-lomba memajukan sektor usaha masing masing di Indonesia. Dirinya berharap, Japnas Golf (JAGO) menjadi wadah para pengusaha memajukan perekonomian di Tanah Air.

"Diharapkan dengan lahirnya Japnas Golf (JAGO) ini dapat bermanfaat bagi anggotanya sehingga menyatukan para pengusaha dalam satu wadah dinamis dan dapat maju bersaing di kelas dunia. Melalui pertemuan dan perbincangan disela-sela olahraga golf bisa menghasil peluang bisnis yang baru sehingga saling menguntungkan. Kami juga berharap dengan adanya Japnas Golf (JAGO) ini maka tantangan Japnas Pusat menjadi lebih ringan, karena para pebisnis sudah melakukan lobi-lobi yang bagus di lapangan golf," katanya.

Bayu juga menjelaskan, bahwa Japnas adalah jaringan pengusaha yang independen yang memiliki komitmen untuk mensejahterakan bangsa Indonesia. Hal ini sesuai visi Japnas yang membangun masyarakat mandiri sehingga bisa mewujudkan Indonesia sejahtera 2030 dan mendorong paradigma produsen yang berdaya saing global demi kemakmuran bangsa. 

"Sedangkan misi Japnas adalah meningkatkan kemampuan inovasi dan daya saing pengusaha nasional yang dapat menjadi garda ekonomi nasional," katanya.

Peluang usaha

Pada kesempatan yang sama, Ratu Tisha yang mewakili KADIN mengatakan, bahwa Kadin Indonesia mendukung inisiasi yang dilakukan oleh Japnas dengan membentuk Japnas Golf (JAGO). Diharapkan, dengan ada anak organisasi ini dapat berkoordinasi dengan Kadin Indonesia untuk mendorong kemajuan peluang usaha di Tanah Air.

"Ketua Kadin Indonesia, bapak Arsjad Rasjid berpesan bahwa industri olahraga merupakan industri yang tengah berkembang usai kita dihantam oleh Covid-19. Untuk ini Kadin mengajak Japnas Golf untuk berkolaborasi untuk membumikan olahraga golf di Indonesia. Bersama dengan Japnas Golf (JAGO), Kadin Indonesia ingin menginisiasi berbagai kegiatan bersama sehingga dapat memajukan industri olahraga, khusus golf," katanya.

Ratu juga berharap, dengan lahirnya Japnas Golf (JAGO) ini dapat bermanfaat bagi anggotanya sehingga menyatukan para pengusaha dalam satu wadah dinamis sehingga dapat maju bersaing di kelas dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement