Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Eksotis dan Banyak Dicari, Ini 8 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan Tubuh

Ahad 23 Jan 2022 14:57 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Mengandung protein, kalsium, hingga zat besi, inilah manfaat sarang walet.

Sarang walet merupakan salah satu makanan/ minuman eksotis yang dibanderol dengan harga fantastis. Akan tetapi, mahalnya harga sarang walet ini tidak serta merta berasal dari citra makanan eksotis yang disandangnya. Percaya atau tidak, sarang burung walet juga banyak dicari karena diyakini menyimpan banyak sekali kandungan gizi yang amat penting dan bermanfaat bagi tubuh. 

Bagi yang belum tahu, burung walet menggunakan air liurnya sebagai perekat untuk membuat sarangnya dan dilakukan bertahap hingga mengeras. Nah, dalam air liurnya tersebut terdapat beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, misalnya, protein, kalsium, kalium, magnesium, hingga zat besi. 

Di sisi lain, sarang walet juga telah lama dipercaya memiliki khasiat untuk menangkal penuaan, meningkatkan konsentrasi, hingga melawan kanker dalam ilmu pengobatan tradisional Tiongkok. Tentunya, masih ada sederet manfaat lainnya dari sarang walet yang sayang jika dilewatkan. Untuk lebih jelasnya, simak 8 manfaat sarang walet untuk kesehatan berikut ini. 

Baca Juga: Sarang Semut Papua, Tanaman Khas yang Dipercaya Manjur Obati Kanker Serta Tumor

8 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

Manfaat Sarang Walet

Manfaat Sarang Walet

  1. Mengandung Beragam Jenis Asam Amino

    Air liur yang digunakan burung walet dalam membuat sarangnya merupakan sumber protein khusus dengan kandungan beragam jenis asam amino. Beberapa macam asam amino yang dikandung oleh air liur burung walet, antara lain:

    Prolin dan Asam Aspartat

    Meningkatkan regenerasi sel.

    Fenilalanin dan Sistein

    Meningkatkan kemampuan memori, kinerja impuls saraf, serta penyerapan vitamin D yang berasal dari sinar matahari.

    Tirosin

    Mempercepat proses pemulihan tubuh pasca sakit.

    Karena beberapa kandungan asam amino yang terdapat pada sarang burung walet tersebut tidak bisa secara alami diproduksi tubuh, maka satu-satunya cara untuk mencukupinya adalah melalui makanan atau minuman. Oleh karena itu, tak mengherankan jika makanan/ minuman sarang walet menjadi salah satu pilihan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan asam amino esensial tersebut dan mendapatkan manfaat menyehatkannya.

  2. Tingkatkan Fungsi Organ Tubuh

    Selain mengandung beragam jenis asam amino, sarang walet juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kerja organ tubuh. Alasannya karena makanan/ minuman eksotis tersebut diperkaya pula oleh beragam mineral penting yang dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan, sebagai contoh, mangan, seng, tembaga, dan juga kalsium. 

    Bagi tubuh, mangan merupakan mineral yang berguna untuk membantu proses pertumbuhan tulang dan menyembuhkan luka. Mineral tersebut juga turut berguna untuk memperlancar proses metabolisme kolesterol, karbohidrat, serta asam amino dalam tubuh. 

    Sementara itu, tembaga berperan untuk menjaga kondisi jantung, sekaligus mengontrol kadar tekanan darah dan kolesterol. Tidak lupa pula kandungan kromium yang berfungsi untuk mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi pada usus. Dari kombinasi kandungan mineral itulah sarang burung walet mempunyai khasiat dalam mengoptimalkan beragam fungsi dari organ tubuh.

  3. Cegah Resistensi Insulin

    Sarang walet mampu memberikan manfaat berupa mencegah masalah resistensi insulin terhadap orang yang terbiasa mengonsumsi makanan berlemak. Kondisi resistensi insulin sendiri merupakan salah satu penyebab dan faktor risiko paling besar pada penyakit diabetes.

    Nah, dalam sarang walet, terdapat kandungan nutrisi yang mampu membantu otak untuk tak melepaskan sinyal pemicu peningkatan produksi insulin yang menjadi respons asupan lemak berlebih. Makanan/ minuman sarang walet juga memiliki potensi untuk memelihara kinerja metabolisme tubuh sehingga lebih efektif memecah lemak. Namun, khasiat sarang walet ini masih perlu diteliti lebih lanjut pada manusia guna membuktikan kebenarannya dan kemungkinan adanya efek samping.

  4. Turunkan Risiko Kanker

    Dalam sebuah studi, dikatakan jika sarang burung walet tergolong sebagai makanan/ minuman dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Khasiat dari kandungan itu sendiri adalah mencegah risiko kanker dalam tubuh. 

    Senyawa aktif antioksidan memiliki peran untuk menumpas efek dari radikal bebas, yang diyakini sebagai pemicu utama munculnya sel kanker dan berbagai masalah kesehatan kronis lainnya. Antioksidan juga mampu memperbaiki kerusakan sel sehat dalam tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

  5. Mencegah Masalah Kardiovaskular

    Manfaat kelima yang bisa didapatkan dari sarang walet adalah membantu mencegah risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Hal ini dibuktikan oleh sebuah jurnal yang dilakukan di tahun 2015 yang menyebutkan bahwa sarang walet memiliki potensi untuk menurunkan risiko terjadinya pengentalan darah atau hiperkoagulasi akibat tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. 

    Dalam penelitian yang sama disebutkan pula bahwa sarang walet mempunyai efek yang serupa dengan simvastatin, yaitu, obat untuk menurunkan kolesterol. Uniknya, manfaat sarang walet ini tak menunjukkan kecenderungan untuk memperburuk atau mengganggu kerja metabolisme tubuh.

  6. Bantu Dukung Imunitas Tubuh saat Kemoterapi

    Di negeri asalnya Tiongkok, sarang walet telah lama dikenal sebagai makanan yang ampuh meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaat tersebut kemudian dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menguak secara spesifik jika sarang walet mampu membantu seseorang meningkatkan daya tahan tubuhnya selama menjalani proses kemoterapi. 

    Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditunjukkan jika mengonsumsi sarang walet secara rutin paling tidak 30 hari mampu meningkatkan sistem kekebalan dan imun dari organ usus yang menjadi lebih lemah akibat kemoterapi. 

    Selain itu, senyawa yang terkandung dalam air liur burung walet dilaporkan pula memiliki manfaat untuk meredakan cedera yang terjadi di jaringan usus akibat efek samping pengobatan kemoterapi. Contohnya adalah akibat dari penggunaan obat cyclophosphamide. 

  7. Meredakan Inflamasi atau Peradangan

    Rheumatoid arthritis atau rematik, diabetes, dan juga penyakit peradangan usus selalu dihubungkan dengan peningkatan dari kadar TNF-a atau tumor necrosis factor-alpha. Yang dimaksud dengan TNF-a sendiri adalah jenis protein khusus yang mampu memicu terjadinya inflamasi atau peradangan pada sistemik di dalam tubuh. 

    Dalam sebuah studi dari Malaysia di tahun 2011, diketahui jika mengonsumsi sarang walet dengan rutin efektif menurunkan produksi dari TNF-a tersebut. Tidak berhenti sampai di situ, mangan yang terkandung dalam sarang burung walet juga berguna untuk mengaktifkan dan juga memastikan bahwa enzim yang berguna untuk membantu tubuh meredakan peradangan menjalankan tugasnya dengan baik. 

  8. Menjadikan Kulit Tampak Lebih Sehat

    Manfaat sarang burung walet yang terakhir dan sayang untuk kamu lewatkan adalah menjadikan kulit tampak lebih sehat. Bahkan, sarang walet juga tak jarang dimanfaatkan sebagai campuran atau bahan dasar dari produk kecantikan. Jadi, tidak perlu diragukan lagi khasiat makanan tersebut dalam menyehatkan kulit.

    Dalam sarang walet, terdapat nutrisi yang mempunyai komponen anti-aging atau anti penuaan yang mampu mendukung proses regenerasi dari sel pada epidermis atau bagian terluar kulit. Tembaga yang juga terkandung di dalam sarang walet berguna untuk mengoptimalkan fungsi dari sistem kekebalan tubuh.

    Kandungan tersebut juga mampu membantu dalam meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Dengan terpenuhinya kebutuhan kolagen, tingkat elastisitas kulit akan terjaga dan mampu mencegah terjadinya tanda penuaan di kulit. Jadi, bagi kamu yang ingin memiliki tampilan kulit sehat dan tampak awet muda, mengonsumsi sarang walet bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mewujudkannya. 

Baca Juga: Bisnis Sarang Burung Walet, Menjanjikan dan Hasilkan Untung Berlipat

Konsultasikan Dulu dengan Dokter Sebelum Mengonsumsi Sarang Walet 

minuman sarang walet

Contoh Minuman Sarang Walet

Itulah 8 khasiat sarang walet yang penting bagi kesehatan tubuh. Walaupun menyimpan segudang manfaat hebat tersebut, kebenarannya masih harus dibuktikan melalui penelitian lebih lanjut dan memastikan tidak ada efek samping yang malah bisa menjadi sumber masalah kesehatan bagi manusia. Oleh karena itu, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan mengoptimalkan manfaat kesehatannya, usahakan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sarang burung walet secara rutin. 

Baca Juga: Angkak Merah, Obat Mujarab dari Tiongkok

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA