Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Tanam Mangrove di HUT Megawati, Ketua DPP PDIP: Aksi Selamatkan Ekosistem Indonesia

Ahad 23 Jan 2022 10:31 WIB

Red: Muhammad Hafil

Tanam Mangrove di HUT Megawati, Ketua DPP PDIP: Aksi Selamatkan Ekosistem Indonesia

Tanam Mangrove di HUT Megawati, Ketua DPP PDIP: Aksi Selamatkan Ekosistem Indonesia

Foto: Dok Republika
Penanaman mangrove oleh kader PDIP serentak dilakukan di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR--Ketua DPP PDIP I Made Urip bersama Anggota DPR RI Agung Rai Wirajaya memimpin penanaman pohon mangrove di Pantai Tuwed, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Ahad (23/1/2022). 

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan rangkaian HUT Ke-49 PDI Perjuangan yang bertemakan 'Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya' dan hari lahir Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

Baca Juga

Hadir dalam acara itu juga Ketua DPC PDIP Jembrana serta Ketua DPC PDIP Tabanan serta ribuan kader dan simpatisan partai. 

I Made Urip mengatakan, penanaman tersebut tak hanya dilakukan di Bali tapi di berbagai daerah oleh seluruh kader PDI Perjuangan. 

Untuk di Pantai Tuwed dirinya bersama pengurus serta kader partai menanam lebih dari 3.000 bibit pohon mengrove. 

"Ya acara ini kan serentak kita lakukan di seluruh tanah air untuk menggerakan menanam. Gerakan menanan ini adalah bagian dari program PDI Perjuangan dalam rangka untuk penyelamatan dan ekosistem kita," kata I Made Urip di lokasi. 

Dia mengatakan, bahwa saat ini isu yang berkaitan dengan iklim global menjadi perhatian khusus semua pihak. 

Maka dari itu, PDIP sebagai bagian dari Indonesia harus berpartisipasi menurunkan emisi karbon. 

"Alam jagat ini harus kita pelihara bersama dengan memberikan kontribusi kepada penyelamatan lingkungan dan ekosistem ini," ungkapnya. 

I Made Urip juga mengatakan, program menanam ini tak hanya terbatas pada pohon mangrove saja. Melainkan, PDIP juga terus mendorong untuk melakukan penanaman pohon produktif. 

"Demikian juga tanaman bisa menghasilkan untuk kepentingan ekonomi dan juga tanaman-tanaman yang berkaitan dgn kesehatan, terutama tanamanan obat biofarmata," tambahnya. 

"Jadi arahan Ibu Ketua Umum Megawati kita, supaya terus menerus kita dilakukan program ini kedepan," harapnya. 

Selain itu, I Made Urip menyebut bahwa program menanam tanaman mangrove serta tananaman produktif lainnya ini sebagai wujud cinta pengurus serta kader partai terhadap Megawati Soekarnoputri. 

Apalagi, hari ini bertepatan dengan ulang tahun ke-75 Megawati. 

"Nah hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun Ibu Mega yang ke-75, beliau kita tahu mencintai alam," kata I Made Urip.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA