Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Polresta Padang Razia Khusus Tindak Pengguna Knalpot Bising

Ahad 23 Jan 2022 07:30 WIB

Red: Ratna Puspita

Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat, menggelar razia khusus yang menyasar para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas secara kasat mata, salah satunya knalpot bising.  (Foto: Ilustrasi knalpot bising)

Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat, menggelar razia khusus yang menyasar para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas secara kasat mata, salah satunya knalpot bising. (Foto: Ilustrasi knalpot bising)

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Razia khusus knaplot bising dilaksanakan setiap hari dengan berpindah-pindah lokasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat, menggelar razia khusus yang menyasar para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas secara kasat mata, salah satunya knalpot bising. Razia khusus yang dimulai sejak Senin (17/1/2022) tersebut dilaksanakan setiap hari dengan sistem berpindah-pindah lokasi.

"Razia ini digelar secara khusus untuk menindak pelanggaran kasat mata, dalam sehari kami buat tiga kali dengan pembagian waktu pagi, sore, dan malam," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang Komisaris Alfin di Padang, Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, sasaran utama razia itu adalah pelanggaran kasat mata mulai dari knalpot bising, tidak menggunakan helm, sabuk pengaman, dan tidak melengkapi alat-alat kendaraan. Menurutnya, sejak razia dilaksanakan pada Senin hingga saat ini pihaknya telah menindak sebanyak 52 pelanggar yang didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Semua pelanggar dikenakan tilang, untuk kendaraan (knalpot bising) wajib diganti dengan knalpot standar agar bisa dikeluarkan dari Polresta Padang," katanya.

Alfin menjelaskan, salah satu tujuan dari razia tersebut adalah merespons maraknya aksi balap-balap liar serta tawuran di kota setempat, terutama pada malam hari. "Kami akan menindak tegas para pelanggar aturan lalu lintas ini, apalagi pelaku balap liar yang biasanya menggunakan knalpot bising. Ulah mereka membuat resah masyarakat," katanya.

Ia menegaskan razia tersebut akan digelar secara rutin ke depannya. Namun, kepolisian tetap mengimbau masyarakat agar mematuhi aturan saat berkendara. "Patuhlah atas kesadaran diri sendiri, jangan karena takut dengan petugas. Aturan itu demi menjaga keamanan dan keselamatan masing-masing," jelasnya.

Pada bagian lain, Satlantas Polresta Padang juga menggelar kegiatan pengaturan khusus pada akhir pekan yaitu setiap Jumat malam dan Sabtu malam. Pada malam tersebut, personel kepolisian ditempatkan pada titik-titik keramaian untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA