Ahad 23 Jan 2022 06:15 WIB

Liga Arab Tunda Perhelatan KTT Tahunan, Ini Alasannya

Pertemuan KTT Liga Arab rencananya digelar 22 Maret mendatang

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nashih Nashrullah
Logo Liga Arab. Pertemuan KTT Liga Arab rencananya digelar 22 Maret mendatang
Logo Liga Arab. Pertemuan KTT Liga Arab rencananya digelar 22 Maret mendatang

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH – Liga Arab memutuskan menunda pertemuan puncak tahunannya yang dijadwalkan digelar di Aljir, Aljazair, pada 22 Maret mendatang. Masih berlangsungnya pandemi Covid-19 menjadi alasan di balik keputusan tersebut.   

“Setiap tahun, konferensi tingkat tinggi (KTT) diadakan pada Maret. Tapi tahun ini, ada penundaan,” kata asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab Hossam Zaki, dikutip laman Al Arabiya, Sabtu (22/1).   

Baca Juga

Menurut dia, Aljazair selaku tuan rumah, memang lebih memilih opsi menunda KTT. Hal itu mencatat pertemuan kritis para pemimpin dan pejabat tinggi Arab yang dibutuhkan KTT tidak dapat dijamin karena situasi kesehatan masyarakat.   

Zaki mengungkapkan, tidak ada “alasan politik” di balik penundaan KTT. Namun momen itu dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki iklim politik di kawasan tersebut. Tak ada agenda khusus yang diumumkan untuk KTT tahun ini.   

Menurut Zaki, para menteri luar negeri Arab diperkirakan akan mengumumkan tanggal baru KTT saat melangsungkan pertemuan pada 9 Maret mendatang.

KTT Liga Arab terakhir kali diselenggarakan pada Maret 2019. Selama dua tahun setelahnya, KTT ditunda akibat pandemi Covid-19.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement