Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Manchester City Ditahan Imbang Southampton 1-1

Ahad 23 Jan 2022 03:02 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

  Bek tengah Manchester City Aymeric Laporte (kanan) menanduk bola untuk mencetak gol ke gawang Southampton dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Ahad (23/1/2022) dini hari WIB. Man City berbagi angka 1-1 dengan Southampton. Gol Soton dicetak Kyle Walker-Peters.

Bek tengah Manchester City Aymeric Laporte (kanan) menanduk bola untuk mencetak gol ke gawang Southampton dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Ahad (23/1/2022) dini hari WIB. Man City berbagi angka 1-1 dengan Southampton. Gol Soton dicetak Kyle Walker-Peters.

Foto: EPA/VINCE MIGNOTT
Man City nyaris keok dari tuan rumah sebelum menyamakan kedudukan lewat gol Laporte.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Manchester City harus puas berbagi angka 1-1 dari lawannya Southampton pada lanjutan pekan ke-23 Liga Primer Inggris 2021/2022 di Stadion St Mary's, Ahad (23/1/2022) dini hari WIB. The Citizens bahkan nyaris keok dari tuan rumah sebelum berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bek tengah Aymeric Laporte.

Pasalnya, Southampton mampu membuka keunggulan lebih dahulu melalui gol cepat Kyle Walker-Peters pada menit ketujuh. Sebelumnya akhirnya Aymeric Laporte menyelamatkan wajah Man City pada menit ke-65.

Baca Juga

Capaian satu poin ini juga mengakhiri catatan 12 kemenangan Man City secara beruntun di kompetisi Liga Primer Inggris sejak terakhir kali terjadi pada 6 November 2021 lalu.

Armada Pep Guardiola sejatinya masih memimpin puncak klasemen Liga Inggris dengan koleksi 57 poin hasil dari 18 menang, tiga seri, dan dua kekalahan. The Citizens terpaut 12 poin dari Liverpool di kursi kedua yang sejatinya masih memiliki dua partai tunda.

Untuk the Saints, Soton, hasil imbang jelas sangat berarti istimewa mengingat musim ini anak asuh Ralph Hasenhuttl tidak terkalahkan dari juara bertahan Man City.

Southampton sementara masih tertahan di peringkat 12 dengan mengumpulkan 25 poin hasil dari 22 laga dan masih punya tabungan satu laga tunda.

Penguasaan bola dan pergerakan dinamis lini depan Man City ternyata tak mampu mengurai kokohnya barisan pertahanan the Saints. Sebaliknya, armada Guardiola justru disengat oleh gol cepat bek kanan Southampton Kyle Walker-Peters pada menit ketujuh.

Pendukung tuan rumah kembali dibuat bahagia setelah timnya mencetak gol kedua lewat Armando Broja usai menerima bola terobosan dari Oriol Romeu. Striker muda Albania itu mengontrol bola dengan baik dan menunjukkan ketenangan dalam menaklukkan kiper Ederson.

Sayang, hakim garis dan VAR menganulir gol Armando Broja setelah sang pemain terlebih dahulu berada di posisi offside. Memasuki setengah jam laga, Man City masih kelimpungan mencari celah dari pertahanan Soton.

Akhirnya hingga peluit turun minum berbunyi skor 1-0 untuk keunggulan Southampton yang dibesut Ralph Hasenhüttl masih bertahan. Para pemain Man City jelas membutuhkan suntikan motivasi dan kesegaran ekstra di ruang ganti dari pelatih Guardiola.

Memasuki babak kedua, Manchester City kembali menunjukkan dominasinya. Praktis tuan rumah dipaksa untuk bermain di garis pertahanan sendiri dan mengandalkan serangan balik.

Meski begitu, justru Southampton yang lebih efektif memanfaatkan serangan. Bahkan pada menit ke-53 Broja nyaris menggandakan skor andai sepakannya tak digagalkan bek tengah Ruben Dias.

Gol yang ditunggu Man City akhirnya datang pada menit ke-65. Dari situasi set piece, De Bruyne mengirim umpan matang pada Laporte. Bek berkebangsaan Spanyol dengan mudah menanduk bola setelah lepas dari jebakan offside. Skor berubah jadi 1-1.

Hujan peluang dari Man City terjadi hingga laga memasuki menit-menit akhir pertandingan, namun dewi fortuna belum berpihak pada tim tamu. Skor sama kuat pun bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA