Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Pengiriman Pertama Bantuan Pertahanan AS Tiba di Ukraina

Sabtu 22 Jan 2022 17:41 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Ukraina mengatakan pengiriman pertama bantuan pertahanan sudah tiba di Kiev. Ilustrasi.

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Ukraina mengatakan pengiriman pertama bantuan pertahanan sudah tiba di Kiev. Ilustrasi.

Foto: AP
Pengiriman bantuan pertahanan dilakukan setelah Menlu AS berkunjung ke Kiev

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Ukraina mengatakan pengiriman pertama bantuan pertahanan sudah tiba di Kiev. Paket bantuan keamanan AS ini nilainya mencapai 200 juta dolar AS.

Pengiriman bantuan dilakukan setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berkunjung ke Kiev pekan ini. Kunjungan itu dilakukan saat Ukraina dan sekutu-sekutu Barat khawatir dengan penumpukan puluhan ribu pasukan Rusia di sepanjang perbatasan.

Baca Juga

Pada Desember lalu Washington menyetujui paket bantuan pertahanan senilai 200 juta dolar AS. "Amerika Serikat akan terus memberikan bantuan untuk mendukung Angkatan Bersenjata Ukraina dalam upaya mereka mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina dari agresi Rusia," kata kedutaan besar di Facebook, Sabtu (22/1/2022),

Kementerian Pertahanan Ukraina berterima kasih pada AS atas bantuan ini. Di sisi lain, Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht mengatakan sampai saat ini Berlin tidak berencana mengirimkan senjata ke Ukraina selama ketegangan dengan Rusia berlangsung.

Pernyataan tersebut disampaikan beberapa hari setelah Inggris mengirim senjata anti-tank ke Kiev. Sekelompok Senator AS juga menjanjikan senjata pada Ukraina seperti rudal, senjata kecil, dan kapal untuk membantu negara itu membela diri dari potensi invasi Rusia.

Namun Kanselir Jerman Olaf Scholz menekankan kebijakan Berlin tidak memasok senjata mematikan ke zona konflik. "Saya memahami harapan Ukraina untuk dibantu, dan itu apa yang sedang kami lakukan," kata Lambrecht pada media Jerman Welt am Sonntag, Sabtu (22/1/2022).

"Pada Februari Ukraina akan menerima rumah sakit lapangan lengkap bersama dengan kebutuhan latihan semuanya akan didanai Jerman sebesar 5,3 juta euro," katanya.

sumber : Reuters
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA