Sabtu 22 Jan 2022 14:27 WIB

Panglima TNI Ganti Kabiro Humas Kemenhan dan Dua Pangdam

Mayjen Andi jadi Pangdam Hasanuddin dan Mayjen Sonny jabat Pangdam Udayana.

Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 13-14, Jakarta Pusat.
Foto: Dok Kemenhan
Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 13-14, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan mutasi dan promosi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga merembet ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Kepala Biro Humas Setjen Kemenhan yang saat ini diemban Marsma Penny Radjendra akan digantikan Kolonel Taufiq Shobri. Taufiq sebelumnya merupakan Kepala Staf Korem (Kasrem) 174/Anim Ti Waninggap. Adapun Penny digeser menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

Dengan jabatan baru, Taufiq akan menyandang pangkat Brigjen. Abiturien Akademi Militer (Akmil) 1993 yang merintis karier di Korps Baret Merah itu pernah menjabat sebagai kepala Penerangan Kopassus.

Baca Juga

"Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI," demikian keterangan Puspen TNI dikutip Republika di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Selain itu, mutasi juga menimpa Kepala Puskod Baranahan Kemenhan Laksma Janter Elias M digeser menjadi dosen tetap Unhan. Adalah Kolonel Damar Teguh Santoso yang akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Janter. Damar yang akan meraih bintang satu, sebelumnya menjabat sebagai Auditor Madya Itjen Kemenhan.

Selain itu, Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2/Kostrad Mayjen Andi Muhammad dipromosikan sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin. Andi menggantikan Mayjen Mochammad Syafei Kasno yang memasuki masa purnatugas. Mayjen Sonny Aprianto juga promosi menjadi Pangdam IX/Udayana menggantikan Mayjen Maruli Simanjuntak. Sonny sebelumnya menjabat Deputi III Bidang Kontra Intelijen Badan Intelijen Negara (BIN).

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 012/Teuku Umar Kolonel Djon Afriadi dipromosikan sebagai Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil. Peraih Adhi Makayasa 1995 tersebut akan mendapat kenaikan pangkat menjadi Brigjen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement