Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Rekor, Tiga Eks Danpaspampres Era Jokowi Bareng Promosi Bintang Tiga

Sabtu 22 Jan 2022 11:50 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Pangdam III/Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto mendapat promosi sebagai Wakil KSAD. Tiga eks Danpaspampres era Presiden Jokowi berbarengan mendapat promosi jabatan bintang tiga.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto mendapat promosi sebagai Wakil KSAD. Tiga eks Danpaspampres era Presiden Jokowi berbarengan mendapat promosi jabatan bintang tiga.

Foto: Pendam Siliwangi
Mayjen Agus, Maruli, dan Suhartono bakal bersamaan menyandang pangkat Letjen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mutasi dan promosi di lingkungan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes) TNI kembali bergulir. Uniknya, mutasi kali ini memecahkan rekor sekaligus karena tiga mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) era Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbarengan mendapat kenaikan pangkat satu bintang lebih tinggi.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah menandatangani surat keputusan jabatan 328 perwira tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Andika pun memutasi ratusan jabatan di tiga matra sekaligus.

Baca Juga

"Dari 328 perwira tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI (diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI), seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI," kata Kapuspen TNI Mayjen Prantara Santosa di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Adapun tiga pati eks Danpaspampres periode 2017-2021 yang mendapat promosi adalah:

Mayjen (Mar) Suhartono dari Komandan Korps Marinir menjabat Komandan Kodiklatal

Mayjen Maruli Simanjuntak dari Pangdam XI/Udayana menjadi Panglima Kostrad

Mayjen Agus Subiyanto dari Pangdam III/Siliwangi menjabat Wakil KSAD

Ketiga pati tersebut akan mendapat kenaikan satu bintang, dan menyandang pangkat Letjen dan Letjen (Mar) untuk Suhartono yang berasal dari Korps Marinir. Adapun Maruli dan Agus merupakan pati korps Baret Merah. Sebelumnya, dua mantan Danpaspampres era Jokowi periode 2014-2017, yaitu Andika Perkasa dan Bambang Suswantono juga memiliki karier cemerlang, yaitu sudah meraih pangkat Jenderal dan Letjen (Mar).

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA