Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Gejala Kanker Paru, Begini Cara Mengenalinya dari Suara Batuk

Sabtu 22 Jan 2022 07:35 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Batuk (Ilustrasi). Jenis batuk dapat bervariasi, tetapi dalam beberapa kasus batuk kanker paru-paru dapat disertai dengan suara mengi atau berderak.

Batuk (Ilustrasi). Jenis batuk dapat bervariasi, tetapi dalam beberapa kasus batuk kanker paru-paru dapat disertai dengan suara mengi atau berderak.

Foto: Pixabay
Kenali gejala kanker paru dari batuk yang dialami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu gejala paling umum dari kanker paru-paru adalah batuk berkepanjangan. Akan tetapi, batuk juga bisa menjadi gejala dari banyak kondisi lain. Lalu, bagaimana cara membedakan batuk "biasa" dengan gejala kanker paru-paru?

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), batuk patut diwaspadai apabila tidak hilang setelah dua sampai tiga pekan. Segera periksakan diri jika batuk terus memburuk seiring waktu atau mengandung darah.

Baca Juga

Jenis batuk dapat bervariasi, tetapi dalam beberapa kasus batuk kanker paru-paru dapat disertai dengan suara mengi atau berderak. Meski begitu, tidak bisa menilai tingkat keparahan batuk hanya berdasarkan suaranya.

Kanker paru merupakan jenis kanker kedua terbanyak di dunia pada 2020. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa kanker paru merupakan kanker yang menyebabkan kematian terbesar pada 2020, dengan jumlah kematian mencapai 1,8 juta kasus.

Kanker paru semakin mematikan karena kerap tak menunjukkan gejala berarti ketika masih berada pada stadium awal. Padahal, deteksi dini sebelum penyakit menjadi agresif akan membuat pengobatan lebih berhasil.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencermati kondisi tubuh. Selain batuk yang telah dibahas, gejala lain dari kanker paru adalah infeksi dada yang terus datang kembali.

Begitu pula sakit atau nyeri saat bernapas atau batuk, sesak napas terus-menerus, kelelahan terus-menerus, dan kekurangan energi. Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas pun patut diwaspadai.

Sementara itu, gejala kanker paru-paru yang kurang umum meliputi perubahan tampilan jari-jari. Misalnya, jari menjadi lebih melengkung atau ujungnya menjadi lebih besar. Kondisi itu dikenal sebagai finger clubbing.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA