Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Lima Cara Menjadi Karyawan Produktif

Jumat 21 Jan 2022 20:01 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Pencapaian maksimal, umumnya membutuhkan usaha lebih besar dari biasanya.

Bekerja produktif merupakan tuntutan perusahaan untuk seluruh karyawannya. Dengan produktif melaksanakan pekerjaan, hasil yang dicapai lebih maksimal.

Apakah kamu selama ini sudah merasa produktif bekerja? Jika hasil kerja kamu masih biasa-biasa saja, belum mencapai target yang diharapkan perusahaan, berarti kamu belum kerja secara produktif.

Hal-hal yang dapat mengganggu produktivitas kerja seseorang, di antaranya senang menunda, menumpuk pekerjaan, tidak membuat prioritas dalam bekerja, malas, serta lainnya.

Diperlukan evaluasi dan perbaikan kinerja agar produktivitas meningkat. Sehingga kamu menjadi karyawan yang produktif, bukan yang sok sibuk kerja.

Berikut beberapa cara agar kamu menjadi karyawan produktif:

Baca Juga: Kamu Bos? Begini 7 Tips Meningkatkan Kinerja Karyawan Tanpa Pelatihan

 

Bekerja

Disiplin dalam bekerja

  • Selalu disiplin

Sikap disiplin merupakan kunci sukses dalam segala hal, termasuk dalam bekerja. Disiplin yang tinggi akan membuat kamu selalu siap untuk menyelesaikan semua tantangan dalam pekerjaan, bahkan yang sulit sekalipun.

Kamu akan terbiasa mengerjakan semua tugas tepat waktu, sehingga dapat terselesaikan dengan baik. Hal ini juga akan mendukungmu memberikan hasil terbaik di dalam setiap pekerjaan kantor.

Kebiasaan disiplin, bukan hasil kaleng-kaleng yang kamu akan dapatkan. Pencapaian kerja yang maksimal akan menjadi kebutuhan dan kepuasaan tersendiri bagimu.

Kamu akan terbiasa bertanggung jawab atas semua pekerjaan. Hal ini bahkan bisa membawa kamu pada pencapaian karier yang baik, sebab kinerjamu akan selalu menonjol di antara pekerja lainnya. 

Baca Juga: Tips Menjawab Pertanyaan Kapan Bisa Mulai Bekerja di Perusahaan

  • Selalu tepat waktu

Waktu juga menjadi salah satu hal penting yang tak bisa diabaikan oleh para karyawan. Sikap menghargai waktu ini biasanya akan berkaitan dengan disiplin yang tinggi.

Kamu tidak akan terbiasa bermalas-malasan, bahkan ketika pekerjaan tidak begitu padat. Semua ini tentu berawal dari kebiasaan baik dalam mengelola waktu.

Kamu akan selalu tiba di kantor sebelum jam kerja dimulai, duduk tenang dan siap untuk memulai pekerjaan dengan rencana yang sudah disusun. Jika semua pekerjaan selalu selesai dengan baik dan tepat waktu, maka kamu tidak punya utang pekerjaan.

Hal ini akan membuat hari kamu selalu tenang dan bisa pulang tepat waktu tanpa harus lembur atau bahkan membawa pekerjaan kantor ke rumah. 

Bekerja keras

Bekerja keras

  • Konsentrasi yang tinggi

Konsentrasi yang tinggi akan sangat membantu kamu dalam bekerja. Kamu akan mudah menyerap semua arahan dari atasan, sehingga bisa menerapkannya dengan baik di dalam pekerjaan.

Selain menghemat waktu, konsentrasi yang baik seperti ini juga akan memudahkan atasan dalam mendelegasikan setiap tugas kepada kamu. Hal ini akan memudahkanmu menerima dan menyelesaikan semua tugas dengan maksimal. 

  • Serius saat bekerja

Kamu perlu memiliki tujuan pencapaian dalam bekerja, sehingga bisa fokus pada tujuan tersebut. Di dalam bekerja, berbagai tantangan tentu sangat mungkin terjadi, inilah mengapa kamu harus memiliki tujuan yang jelas sejak awal.

Jika di dalam perjalanan menemukan banyak tantangan dan masalah, maka kamu hanya perlu mengingat kembali tujuan tersebut. Kamu akan kembali berusaha dengan lebih baik lagi, sehingga tujuan bisa tercapai dengan baik di masa yang akan datang.

Semua ini tentu hanya mungkin terjadi, jika kamu selalu serius bekerja dan tidak setengah-setengah. 

Baca Juga: Biar Gak Berantakan, Begini Cara Seimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Selama WFH

  • Kerja keras

Pencapaian maksimal pada umumnya akan membutuhkan usaha yang lebih besar dari biasanya. Hal seperti inilah yang dilakukan oleh orang-orang produktif ketika bekerja.

Kamu harus memahami dengan baik apa saja keunggulan dan kelemahan diri, sehingga dapat mengelola semua itu dengan baik.

Kamu harus memiliki kesadaran yang tinggi tentang tanggung jawab dalam bekerja. Menyelesaikan setiap tugas dengan maksimal, meskipun harus bekerja lebih keras dari orang-orang di sekitar.

Hal ini akan memberikan kamu peluang yang lebih besar lagi untuk mencapai banyak hal di dalam pekerjaan. 

Tingkatkan Produktivitas dengan Cara yang Tepat

Bekerja dengan produktif akan membuat kamu unggul dan selalu bisa bekerja dengan nyaman. Kamu akan mampu menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik, bahkan yang sulit sekalipun.

Mulai tingkatkan produktivitas kamu dengan cara yang tepat, agar pencapaian kamu dalam bekerja juga bisa menjadi lebih maksimal.

Namun tetap jaga kesehatan dengan istirahat yang cukup. Sehingga kamu tidak merasa jenuh dan terus bersemangat dalam mengerjakan pekerjaan sampai selesai.

Baca Juga: Jangan Resign jika Berada pada 4 Kondisi Ini saat Pandemi

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA