Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Ekspor Produk Halal ke Timur Tengah Didorong

Jumat 21 Jan 2022 18:35 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolandha

Ilustrasi ekspor impor. Potensi ekspor produk halal asal Indonesia ke Kawasan Timur Tengah sangat tinggi.

Ilustrasi ekspor impor. Potensi ekspor produk halal asal Indonesia ke Kawasan Timur Tengah sangat tinggi.

Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ekspor produk halal ke Timur Tengah hingga Agustus 2021 capai 281 juta dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Potensi ekspor produk halal asal Indonesia ke Kawasan Timur Tengah sangat tinggi. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor produk halal Indonesia ke Timur Tengah pada Januari hingga Agustus 2021 tercatat sebesar 281,1 juta dolar AS yang didominasi produk makanan dan minuman mencapai 68,92 persen.

Ekspor kopi Indonesia menjadi salah satu komoditas yang memiliki nilai yang cukup tinggi di pasar internasional, salah satunya Oman. Duta Besar RI untuk Kesultanan Oman, Mohamad Irzan Djohan mengatakan kopi Indonesia sangat tinggi peminat.

Baca Juga

"Komoditas kopi Indonesia sudah sangat dikenal di Oman, tetapi biasanya untuk bisa beli harus dari negara ketiga, tidak didatangkan secara langsung dari Indonesia," katanya dalam sambutan secara virtual seremonial pelepasan ekspor halal, Jumat (21/1/2022).

Untuk itu ekspor kopi sangat dinanti, seperti yang baru dilakukan oleh PT Geber Ekspor Indonesia bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Bank Indonesia, dan Kadin. Pelepasan ekspor komoditas

kopi perdana ke Oman tersebut merupakan hasil dari kerja sama semua pihak.

Menurutnya, ini merupakan wujud kerja sama perdagangan langsung Indonesia dengan Oman. Djohan berharap ekspor ini dapat membuka jalur kerja sama perdagangan komoditas lainnya dari Indonesia.

Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Ita Rulina menambahkan, bahwa ini merupakan inisiatif perdagangan yang perlu diapresiasi. Menurutnya, inisiatif yang dilakukan oleh KBRI Oman, MES, dan PT Geber Ekspor Indonesia dalam membuka jalur perdagangan merupakan hal yang berat dan perlu didorong bersama.

"Kita berharap ke depannya program-program untuk ekspor terus berlangsung," katanya.

Ini merupakan kerja bersama dan Bank Indonesia berkomitmen akan terus mendukung serta mendorong ekspor produk halal dalam negeri ke kancah global. Menurut Ita, Komite Ekspor Halal MES, juga menargetkan peningkatan ekspor yang bisa menjadi acuan untuk ke depannya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA