Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Wagub Jateng Serahkan Bantuan Renovasi Masjid Raya Papua

Jumat 21 Jan 2022 17:47 WIB

Red: Ani Nursalikah

Umat muslim berzikir bersama di Masjid Raya, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Wagub Jateng Serahkan Bantuan Pengembangan Masjid Raya Papua

Umat muslim berzikir bersama di Masjid Raya, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Wagub Jateng Serahkan Bantuan Pengembangan Masjid Raya Papua

Foto: Antara/Indrayadi TH
Masjid Raya Papua sedang direnovasi agar bisa menampung lebih banyak jamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyerahkan bantuan ke Masjid Raya Baiturrahim di Kota Jayapura, Papua. Bantuan diterima oleh Ketua Umum Masjid Raya Baiturrahim Abd Kahar Yelipele didampingi Sekda Papua Muhammad Ridwan Rumasukum.

Yasin menjelaskan penyerahan bantuan ini merupakan bentuk silaturahim yang dibalut kerja sama kedua belah pihak dengan semangat mengedepankan persaudaraan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Masjid Raya Baiturrahim Jayapura dibangun selama 15 tahun belum selesai, maka saya harap pembangunan ini segera selesai. Kita bangun bareng-bareng," katanya melalui siaran pers, Jumat (21/1/2022).

Baca Juga

Yasin pertama kali mengunjungi Masjid Raya Baiturrahim di sela mengikuti agenda PON XX Papua, beberapa waktu lalu. Kepada pengurus Masjid Raya Baiturrahim, ia menyampaikan niatnya untuk memberikan bantuan melalui dana yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Tengah.

Sekda Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukum mengapresiasi bantuan dari Pemprov Jateng dan Baznas Jateng. Dia mengatakan, renovasi Masjid Raya Baiturrahim Jayapura perlu dilakukan karena sudah tidak cukup untuk menampung seluruh jamaah yang hadir setiap hari.

"Ini sangat berarti bagi kami untuk mengembangkan masjid. Semoga Allah SWT menerimanya sebagai amal jariyah dan memberikan balasan yang berlipat ganda di dunia akhirat," ujar Ridwan.

Dalam kunjungan kerja ke Papua, Yasin didampingi Ketua Baznas Jateng KH. Ahmad Darodji. Mereka juga berkunjung ke kantor Baznas Papua untuk menyampaikan penjelasan mengenai pentingnya pelatihan juru sembelih halal dan rumah pemotongan hewan (RPH) halal. Pemprov Jawa Tengah juga mendorong terus agar RPH segera mendapatkan nomor kontrol veteriner (NKV) dengan sistem pengolahan sanitasi RPH yang juga baik.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA