Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Menlu AS dan Rusia Bertemu di Jenewa

Jumat 21 Jan 2022 16:36 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken tiba di Bandara Jenewa, Swis, Kamis (20/1/2022).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken tiba di Bandara Jenewa, Swis, Kamis (20/1/2022).

Foto: AP Photo/Alex Brandon, Pool
Pertemuan itu untuk membahas meningkatnya ketegangan mengenai Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov is di Jenewa. Pertemuan itu untuk membahas meningkatnya ketegangan mengenai Ukraina setelah pertemuan pekan lalu tidak memberikan hasil.

Pada Jumat (21/1/2022) Blinken tiba di Jenewa usai bertemu dengan sekutu-sekutu Eropa di Berlin. Pertemuan tersebut untuk menegaskan komitmen mereka dalam menerapkan sanksi pada Rusia bila Moskow menginvasi Ukraina.

Baca Juga

Harapan Washington untuk membangun persatuan melawan Moskow diperumit dengan pernyataan Presiden AS Joe Biden dalam konferensi pers Rabu (19/1/2022) lalu. Ia memprediksi Rusia akan "bergerak masuk" ke Ukraina dan mengatakan Moskow akan membayar mahal.

Rusia menumpuk puluhan ribu pasukan di sepanjang perbatasan dengan Ukraina. Negara-negara Barat khawatir Moskow berencana menggelar serangan baru ke negara itu setelah menganeksasi Semenanjung Krimea pada 2014 lalu.

Rusia membantah berencana menyerang negara tetangganya tapi mengatakan akan mengambil tindakan militer bila permintaan mereka seperti jaminan NATO menolak Ukraina bergabung tidak terpenuhi. Moskow tidak menjelaskan tindakan militer apa yang akan mereka ambil.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Rusia sudah menerima ancaman seperti pernyataan Biden selama satu bulan terakhir.

"Kami yakin mereka sama sekali tidak berkontribusi untuk meredakan ketegangan yang kini muncul di Eropa dan, terlebih lagi, dapat berkontribusi pada destabilisasi situasi," kata Peskov.

Pada Rabu kemarin Blinken menekankan dukungan AS pada Ukraina. Ia juga bertemu dengan pemerintah Jerman, Prancis, dan Inggris di Berlin. Di sana ia mengatakan Blinken mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin dapat memerintahkan invasi dalam waktu dekat.

Deputi Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman dan Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Sergie Ryabkov juga bertemu di Jenewa pekan lalu. Tampaknya kedua belah pihak tidak dapat menemukan jalan tengah.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA