Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Kecelakaan Maut Truk Tronton Balikpapan, Lima Orang Dilaporkan Meninggal

Jumat 21 Jan 2022 10:34 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Teguh Firmansyah

Truk tronton tabrak kendaraan di lampu merah Balikpapan, Jumat (21/1/2022),

Truk tronton tabrak kendaraan di lampu merah Balikpapan, Jumat (21/1/2022),

Foto: Tangkapan Layar
Kecelakaan diduga disebabkan oleh rem truk tronton yang blong.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Kecelakaan maut terjadi di titik lampu merah di Jalan Soekarno-Hattat, Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1) pagi WIB. Berdasarkan data sementara dari kepolisian, sebanyak lima orang meninggal dunia, empat orang lainnya terluka.

"Yang meninggal dunia lima, yang luka berat itu yang kritis satu, yang luka ringan 13," ujar Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Yusuf Sutejo, saat dikonfirmasi, Jumat (21/1).

Baca Juga

Dalam insiden kecelakaan tersebut, kata Yusuf, truk menghantam setidaknya enam unit roda empat terdiri dari dua unit angkot, dua unit mobil pribadi, dan dua unit mobil pickup. Lalu kendaraan roda dua sebanyak empat unit. Korban yang mengalami luka-luka sudah dilarikan ke rumah sakit. Mereka dilarikan ke rumah sakit yang berbeda-beda.

"Rumah sakit yang jadi rujukan itu ada tiga, Rumah Sakit Khanujoso, Rumah Sakit Beriman, satu lagi Rumah Sakit Ibnu Sina," kata Yusuf.

Sebelumnya beredar di media sosial insiden kecelakaan di sebuah lampu merah di kawasan Muara Kapak, Kota Balikpapan. Dalam potongan video itu, sejumlah pengendara berhenti karena sedang menunggu lampu merah.

Kemudian secara tiba-tiba sebuah truk tronton melaju dari arah belakang dengan kecepatan tinggi dan menabrak kendaraan-kendaraan yang sedang berhenti tersebut.Akibat kecelakaan itu membuat sejumlah kendaraan tampak ringsek. (Ali Mansur).

Sebuah kendaraan truk tronton meluncur dengan cepat menabarak mobil dan kendaraan motor yang berada di depannya. Video tabrakan itu pun beredar cepat di media sosial, Jumat (21/1/2022)

Kejadian itu diketahui terjadi di Lampung Merah Simpang Rapak, Balikpapan, Kalimatan Timur pada Jumat pagi.

Dalam video rekaman CCTV yang diperoleh Republika.co.id, tampak sebuah tronton tidak bisa mengerem saat turunan ke arah simpang lampu merah. Padahal di depannya terdapat kendaraan mobil, dan motor yang sedang berhenti karena lampu mereh.

Mobil yang terhantam tronton pun langsung terhempas ke depan dan menabarak kendaraan lannya. Sejumlah kendaraan motor yang berada di lokasi pun terpental akibat tabrakan hebat tersebut.   Dalam video lainnya terlihat petugas langsung membawa korban ke rumah sakit. Beberapa orang juga ikut membantu proses evakuasi.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA