Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Tol Manado-Bitung Rampung, Tunggu Diresmikan Jokowi

Jumat 21 Jan 2022 09:17 WIB

Red: Agus raharjo

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Dirut Jasa Marga Desi Arryani (kanan) meninjau ruas jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019).

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Dirut Jasa Marga Desi Arryani (kanan) meninjau ruas jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019).

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer akan terhubung dengan KEK Likupang.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO--Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Yunoasmono mengatakan, ruas tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara tinggal menunggu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Sebelumnya memang sudah dicek, sudah uji laik fungsi," kata Triono melalui sambungan telepon genggam di Manado, Kamis (20/1/2022).

Dia mengatakan, dalam waktu dekat ini akan dikeluarkan Surat Keputusan Operasional (SKO) dari Kementerian PUPR, setelah itu tinggal menunggu peresmian oleh Presiden. "Infonya (peresmian) dilakukan Januari ini, ada beberapa ruas tol lainnya seperti di Aceh dan Sumatra Utara juga yang sudah siap," katanya.

Baca Juga

Menurut mantan kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara dan Gorontalo tersebut, secara administrasi tol terpanjang di Sulawesi setelah tol Makassar, Sulawesi Selatan, sudah siap. "Tinggal ada beberapa administrasi yang disiapkan, tetapi lebih ke internal, bukan eksternal, intinya tinggal menunggu peresmian," tegasnya.

Saat dicek lapangan, lanjut dia, sudah dilakukan beberapa perbaikan dan setelah itu tinggal menunggu dikeluarkan SKO. Tol Manado-Bitung menghubungkan ibu kota provinsi, Kota Manado, melintasi Kabupaten Minahasa Utara menuju kawasan jasa dan perdagangan dan pariwisata di Kota Bitung. Tol sepanjang 39,9 kilometer tersebut nantinya juga akan terhubung dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA