Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Remaja India Diduga Diculik Tentara China Setelah Hilang

Jumat 21 Jan 2022 08:17 WIB

Red: Esthi Maharani

Dalam foto file 5 Mei 2013 ini, pasukan Tiongkok memegang spanduk bertuliskan, Anda telah melintasi perbatasan, silakan kembali, di Ladakh, India. India dan Cina berusaha pada hari Rabu,(17 /6/2020), untuk mengurangi ketegangan setelah bentrokan fatal di sepanjang perbatasan  di Himalaya yang menewaskan 20 tentara India. Pertempuran Senin di daerah pegunungan terpencil di Ladakh, di Kashmir, mengikuti perubahan oleh India terhadap status politik Kashmir di tengah-tengah tarik ulur geopolitik dengan Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Dalam foto file 5 Mei 2013 ini, pasukan Tiongkok memegang spanduk bertuliskan, Anda telah melintasi perbatasan, silakan kembali, di Ladakh, India. India dan Cina berusaha pada hari Rabu,(17 /6/2020), untuk mengurangi ketegangan setelah bentrokan fatal di sepanjang perbatasan di Himalaya yang menewaskan 20 tentara India. Pertempuran Senin di daerah pegunungan terpencil di Ladakh, di Kashmir, mengikuti perubahan oleh India terhadap status politik Kashmir di tengah-tengah tarik ulur geopolitik dengan Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Foto: AP, file
India dan China sering bentrok terkait perbatasan Himalaya yang disengketakan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Kementerian pertahanan India mengatakan pada Kamis (21/1/2022) bahwa seorang pemuda India berusia 17 tahun dilaporkan ditangkap oleh militer China setelah hilang di dekat perbatasan kedua negara tersebut. Tentara India telah menghubungi mitranya dari China untuk menemukan dan mengembalikan remaja yang bernama Miram Tarom.

Dalam sebuah pernyataan di akun Twitter kementerian pertahanan, Tapir Gao, seorang anggota parlemen untuk Negara Bagian Arunachal Pradesh di India timur laut tempat Tarom tinggal, mengatakan remaja itu diduga diculik pada Selasa (18/1/2022), sementara seorang temannya melarikan diri dan memberi tahu pihak-pihak berwenang India. Kementerian luar negeri China belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Baca Juga

India dan China sering bentrok terkait perbatasan Himalaya yang panjang dan disengketakan. China mengeklaim keseluruhan Arunachal Pradesh sebagai bagian dari wilayah Tibet miliknya. Pertempuran di lembah Galwan pada 2020 menewaskan sedikitnya 20 tentara India dan empat tentara China.

Ada beberapa kejadian warga sipil India yang hilang di dekat perbatasan dalam beberapa tahun terakhir, yang sering dikatakan New Delhi sebagai upaya penculikan oleh China. Beijing membantah tuduhan itu.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA