Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Otoritas Nama Nusantara: Benarkah Identik dengan Nama Lama Indonesia?

Jumat 21 Jan 2022 06:39 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Tembikar kuno dari sekitar wilayah ibu kota Majapahit yang diklaim Moh. Yamin sebagai patung sosok Gajah Mada. Patung ini sekarang dipercaya sebagai wajah Gajah Mada, sang Mahapatih Majapahit.

Tembikar kuno dari sekitar wilayah ibu kota Majapahit yang diklaim Moh. Yamin sebagai patung sosok Gajah Mada. Patung ini sekarang dipercaya sebagai wajah Gajah Mada, sang Mahapatih Majapahit.

Foto: Historia
Nusantara nama lama Indonesia?

IHRAM.CO.ID, Oleh: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi.

Nama Nusantara terdapat dalam serat Pararaton XV M yang menceritakan sumpah pelantikan Gajah Mada, yang lebih seabad sebelum Pararaton. Gajah Mada berpantang  makan palapa (daun Mint) sebelum menaklukan sejumlah power system antara lain Nusantara dan Temasik.

Temasik di Singapura, Nusantara?

Menurut keterangan Sejarawan dari Samarinda, Nusantara nama sebelum Kutai. Pararaton bilang power system. Pendapat Sejarawan dari Samarinda benar dalam arti riwayat toponim, Pararaton berpotensi benar, mungkin Nusantara sebuah 'minor power system somewhere' di Kalimantan Timur.

Dalam konteks ini Nusantara tidak identik dengan Indonesia atau Andunisi.

Nusantara letterlijk  artinya 'sekitar jarak'. Tapi dari segi tafsir dapat berarti titik kordinat. Kalau dilihat indahnya ragam hias lukisan gua Kalimantan (photo atas), sangat mungkin konsep titik kordinat sudah dipahami era sebelum minor power system Nusantara. 

Nusantara.morfologi nusa + antara. Ada lagi Nusa Kambangan, Nusa Penida, Nusa Ina. Ini formasi pulau yang agak besar dikitari pulau-pulau yang kecil-kecil. Nusa Kambangan adalah pulau Kambangan dan sekitarnya, dan seterusnya.

Nusantara akan menjadi nama kota yang berstatus otoritas yang rencananya pada 2045 sudah siap jadi ibukota RI. Sebelumnya Nusantara diartikan sebagai nama lain Imdonesia. Seolah Nusantara itu Indonesia era lama. Time line? Tak ada.

Maka Presiden Megawati memutuskan  Deklarasi PM Djuanda 13 Desember 1957, tentang batas wilayah laut Indonesia, sebagai Hari Nusantara. Ada pula  jam'iyah dengan sebutan Nusantara. Di Jakarta juga pernah ada Jalan Nusantara yang kemudian diganti Jalan Djuanda. Sebelumnya disebut Noordwijk. Di selatannya Rijswijk, persawahan, tadinya.

What is in a name, banyak orang kutip Shakespeare. It's means everything, guys. 

Di lingkungan Betawi kalau ada balita sakit tak kunjung sembuh, walau sudah diobat, famili dan tetangga orang tua balita itu akan anjurkan itu balita diganti namanya. Betapa pun bagus dan penuh arti nama lahir balita itu harus diganti. Ajaibnya, setelah ganti nama balita itu biasanya sembuh.

Balita perempuan diganti si Jo'é, balita laki-laki diganti si Slamet atau si Idup. Salah seorang sekretaris Daendels orang Betawi namanya Bapa Slamet. Bapa itu bin. Ini sekretaris putra Pak Slamet.

Si Idup ketika menjadi orang tua dipanggil Babé Idup. Anak-anaknya menangis ketika ayahnya wafat. Tetangga bertanya, siapa yang meninggal? Ada anak yang jawab, Babe Idup meninggal. 

Hidup meninggal? Innalillaahi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA