Kamis 20 Jan 2022 21:54 WIB

27 Perusahaan Farmasi akan Produksi Molnupiravir Versi Murah

Molnupiravir akan didistribusikan ke 105 negara berpendapatan rendah.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Hampir 30 produsen obat generik telah menandatangani perjanjian untuk memproduksi pil anti-Covid-19 buatan Merck & Co, molnupiravir. Mereka akan memproduksi molnupiravir versi harga murah, menurut Medicines Patent Pool (MPP), Kamis (20/1/2022).

MPP adalah organisasi dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengupayakan ketersediaan obat dengan harga terjangkau. Perjanjian itu merupakan hasil negosiasi MPP dengan Merck.

Baca Juga

Menurut perjanjian, 27 perusahaan farmasi dari India, China, serta negara-negara di Afrika, Asia, dan Timur Tengah akan memproduksi bahan-bahan obat. Mereka juga dapat menyelesaikan pembuatannya.

MPP mengatakan, kesepakatan itu menetapkan bahwa molnupiravir akan didistribusikan ke 105 negara berpendapatan rendah. Para pengembang molnupiravir, yaitu Merck, perusahaan Amerika Serikat Ridgeback Biotherapeutics, dan Emory University, tidak akan mendapatkan royalti dari penjualan pil versi harga murah yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan obat generik.

"Langkah ini sangat penting untuk memastikan akses secara global pada pengobatan yang sangat diperlukan dalam menangani Covid-19 dan kami percaya bahwa pengobatan yang selama ini diharapkan akan tersedia dengan cepat karena para produsen sedang bekerja secara erat dengan pihak badan pengatur," kata Direktur Eksekutif MPP Charles Gore.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement