Kamis 20 Jan 2022 17:59 WIB

Belasan Makam di Tasikmalaya Dirusak

Makam-makam yang rusak juga bukan merupakan makam satu keluarga.

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Belasan makam di Kampung Dangdeur, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, ditemukan dalam kondisi rusak, Kamis (20/1/2022).
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Belasan makam di Kampung Dangdeur, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, ditemukan dalam kondisi rusak, Kamis (20/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Belasan makam di tempat permakaman umum (TPU) di Kampung Dangdeur, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, ditemukan dalam kondisi rusak pada Kamis (20/1/2022). Belum diketahui penyebab rusaknya makam-makam tersebut.

Penjaga makam tersebut, Lili Carli (64 tahun), mengatakan, makam-makam itu pertama ditemukan sudah dalam keadaan rusak pada Kamis pagi. Ketika itu, Lili yang sedang bersih-bersih makam, menemukan makam sudah dalam keadaan hancur. 

"Tadi baru diketahui jam 8 pagi. Saya lagi bersih-bersih, tahu-tahu lihat makam-makam sudah rusak," kata dia, Kamis.

Dia menyebutkan, makam-makam yang rusak tak berada di satu lokasi, melainkan secara acak di beberapa lokasi. Makam-makam yang rusak juga bukan merupakan makam satu keluarga. Setidaknya, terdapat 14 makam yang rusak.

Menurut dia, makam-makam itu hanya rusak di bagian atasnya. Namun, tanah makam itu tidak dalam keadaan tergali. "Tanahnya mah tidak dibongkar," ujar dia.

Lili mengaku, sebelumnya kondisi makam-makam itu masih baik-baik saja. Dia yang selalu menjaga makam itu, tak menemukan adanya kejanggalan sebelum makam-makan tersebut rusak. Namun, pada malam hari, makam-makam itu tidak ada yang menjaga.

"Saya juga tidak tahu siapa pelakunya dan kapan dirusaknya. Tidak ada bukti," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement