Kamis 20 Jan 2022 17:45 WIB

Cara Kirim File Lebih Besar dari 25MB di Gmail

Gmail tidak mengizinkan pengguna untuk berbagi file lebih besar dari 25MB.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Gmail untuk iOS. Ilustrasi
Foto: Imore
Gmail untuk iOS. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gmail saat ini tidak mengizinkan pengguna untuk berbagi file atau foto yang lebih besar dari 25 MB. Kebijakan ini bisa mengganggu bagi mereka yang sering bertukar foto atau file melalui Gmail.

Tetapi ternyata ada cara yang dapat mempermudah orang untuk mengirim lampiran yang lebih besar dengan menambahkan opsi “Sisipkan menggunakan Drive” ke aplikasi emailnya. Dilansir dari India Today, Kamis (20/1/2022), Anda harus terlebih dahulu mengunggah foto penting Anda ke aplikasi Google Drive, setelah itu Anda dapat dengan mudah mengirim file besar kepada siapapun melalui Gmail.

Baca Juga

Mengunggah file ke Drive tidak perlu memakan banyak waktu. Pada versi dekstop, ada ikon Drive di sisi bawah layar saat Anda menulis email.

Jika Anda menggunakan ponsel cerdas Anda, maka Anda akan menemukan opsi saat Anda mengetuk ikon lampiran. Setelah Anda mengetuk opsi itu, sebuah halaman akan muncul yang akan menampilkan semua file Google Drive. Anda hanya perlu mengetuk tombol pilih.

Setelah ini, Google membuat tautan ke file di Drive, yang secara otomatis dimasukkan ke dalam email. Anda kemudian dapat mengirimkannya ke penerima.

Penerima hanya perlu mengeklik tautan dan mengunduhnya dari Drive. Perhatikan bahwa sebelum mengirim email, Google akan meminta Anda untuk menyetel “opsi berbagi file”.

Pada dasarnya Anda perlu memberi tahu Google apakah Anda ingin penerima melihat atau mengedit file. Anda juga dapat memilih opsi “siapa saja yang memiliki tautan” jika Anda tidak ingin membatasi akses ke file hanya untuk satu orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement