Fraksi PDIP Panggil Arteria

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta.
Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta. | Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fraksi PDIP DPR RI akan memanggil Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, Kamis (20/1/200) siang ini imbas pernyataannya soal usulan agar Kajati yang berbahasa Sunda dalam rapat dipecat. Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto mengatakan, dirinya akan mendengar klarifikasi langsung dari Arteria terkait pernyataannya tersebut.

"Kan kita belum tahu persis apa yang diomong dan dimaksud dari omongannya dia, jadi nanti kita sampaikan langkah-langkahnya. Sekarang kan tentu belum bisa saya sampaikan, saya belum dengar secara pribadi," kata Utut di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga

Utut menegaskan, prinsipnya PDIP mengedepankan pembinaan ketimbang hukuman. Namun, dia meminta semua pihak untuk sabar menunggu klarifikasi yang disampaikan Arteria kepada fraksi.

"Konsepnya kalau yang keliru kita luruskan, konsepnya membina, jadi bukan hukuman itu tentu dalam hukuman derajat yang paling tinggi kesalahannya," ujarnya.

Selain terkait pernyataan Arteria, Fraksi PDIP juga akan meminta penjelasan terkait polemik pelat mobil Arteria. Dirinya mengaku juga baru mengetahui ihwal persoalan tersebut. "Ya itu bagian yang ditanyain, kan kita enggak tahu itu apa," ungkapnya.

Diketahui Arteria Dahlan telah menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Jawa Barat terkait perkataannya tersebut di rapat kerja dengan Jaksa Agung, Selasa lalu. Klarifikasi dan permintaan maaf Arteria disampaikannya saat diterima oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun. 

"Saya dengan sungguh-sungguh menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Jawa Barat, khususnya masyarakat Sunda atas pernyataan saya beberapa waktu lalu," ujar Arteria di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Arteria Soal Bahasa Sunda, Pengamat Ingatkan Politisi, Pahami Sentimen Lokal

Ini Pernyataan Permohonan Maaf Arteria Dahlan kepada Masyarakat Jabar

Baliho Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda Terpampang Dekat Gedung Sate

Sebentang Spanduk 'Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda' di Bandung

Ono Surono: PDI Perjuangan Hormati Jawa Barat dan Suku Sunda

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image