Kamis 20 Jan 2022 14:25 WIB

Seputar Rekor 300 Kemenangan Tandang MU di Liga Primer Inggris

MU resmi mengemas 300 kemenangan tandang di Liga Primer dengan mengalahkan Brentford.

 Pemain Manchester United Marcus Rashford (kedua dari kiri) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol ketiga timnya saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Brentford dan Manchester United di Brentford Community Stadium di London, Kamis (20/1/2022) dini hari WIB.
Foto: AP/Matt Dunham
Pemain Manchester United Marcus Rashford (kedua dari kiri) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol ketiga timnya saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Brentford dan Manchester United di Brentford Community Stadium di London, Kamis (20/1/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) membukukan rekor baru saat mengalahkan Brentford 3-1 di Stadion Brentford Community, Kamis (20/1/2022) dini hari WIB. MU menjadi klub pertama dalam sejarah Liga Primer Inggris yang membukukan 300 kemenangan pada laga tandang sejak 1992.

Sebanyak 50 klub telah berlaga di Liga Primer Inggris sejak 1992. Sebanyak 47 di antaranya berhasil dikalahkan MU dalam laga tandang. Hanya Huddersfield Town dan Swindon Town yang gagal dibekuk MU asuhan Sir Alex Ferguson.

Baca Juga

Hanya lima dari 59 stadion tandang di Liga Primer di mana MU gagal memetik kemenangan tandang. County Ground dan Stadion John Smith Huddersfield bergabung dalam daftar ini. Sementara tiga stadin lain sudah dirobohkan, yakni Baseball Ground, Ayresome Park, dan Roker Park, yang menjadi markas Derby, Middlesbrough, dan Sunderland. Namun MU menang di venue baru mereka.

Villa Park dan Goodison Park menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi para pemain MU. Setan Merah sudah 17 kali menang di markas Aston Villa dan Everton selama bertahun-tahun. MU juga cenderung meraih tiga poin di St James’ Park dengan 14 kemenangan. Posisi empat dan lima dalam daftar diisi bersama oleh Anfield dan White Hart Lane, markas lama Tottenham Htspur, dengan masing-masing 12 kemenangan.

MU meraih kemenangan tandang pertama pada Agustus 1992 di The Dell, markas Southampton. Butuh waktu kurang dari 10 tahun bagi MU untuk meraih 100 kemenangan tandang dalam kompetisi di markas Charlton Athletic. Stadion Macron milik Bolton menjadi tuan rumah bagi MU dalam kemenangan tandang ke-200 United di Liga Primer, dengan Wayne Rooney mencetak hat-trick dalam kemenangan 5-0 pada September.

Kemenangan tandang terbesar United adalah kemenangan 8-1 yang tak terlupakan dari Nottingham Forest pada Februari 1999. Andy Cole dan Dwight Yorke mencetak dua gol untuk menempatkan permainan di luar jangkauan tim yang berjuang menghindari degradasi. Namun hari itu akan dikenang karena selama 12 menit bermain, Solskjaer mencetak empat gol.

Lebih dari seperenam dari 300 kemenangan tandang MU diraih dalam empat musim di mana mereka masing-masing meraih 13 kemenangan. 

Pesaing terdekat MU dalam hal kemenangan tandang terbanyak di Liga Primer adalah Chelsea, dengan 259 laga. Mereka diikuti oleh Arsenal dengan 246 dan Liverpool dengan 239, sementara Manchester City memiliki 188 kemenangan tandang di kompetisi papan atas sejak diganti namanya menjadi Liga Prrimer pada 1992.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement