Kamis 20 Jan 2022 13:03 WIB

Masyarakat Diminta Beli Minyak Goreng Sesuai Keperluan

Khofifah memastikan stok minyak goreng di Jatim tercukupi.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah
Karyawan menunjukkan minyak goreng kemasan yang dijual di salah satu minimarket (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Karyawan menunjukkan minyak goreng kemasan yang dijual di salah satu minimarket (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan borong minyak goreng yang saat ini dibanderol Rp 14 ribu per liter. Khofifah memastikan stok minyak goreng di Jatim tercukupi. 

Khofifah menyebut, kebijakan minyak goreng satu harga merupakan upaya lanjutan pemerintah untuk menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau. Tujuannya, untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta pelaku usaha ultra mikro dan mikro.

Baca Juga

Penyediaan minyak goreng dengan satu harga ini, kata Khofifah, dilakukan melalui ritel modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Sedangkan untuk pasar tradisional diberikan waktu satu minggu untuk melakukan penyesuaian.

“Pembelian memang dibatasi agar ketersebarannya bisa merata. Jadi kami mohon kepada masyarakat juga untuk bisa mengerti dan membeli hanya sesuai keperluan atau kebutuhan,” ujarnya, Kamis (20/1).

Pemprov Jawa Timur, kata Khofifah, sebelumnya telah menggelontorkan 75 ribu liter minyak goreng untuk operasi pasar di sejumlah daerah. Harga minyak goreng ditambah subsidi Pemprov Jatim di beberapa titik sehingga hanya dibandrol Rp 12 per liter. Langkah ini dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat  serta stabilisasi harga minyak goreng di Provinsi Jatim. 

Khofifah berharap, intervensi stabilisasi harga minyak goreng dari pemerintah pusat dapat menstabilkan harga jual minyak goreng bagi masyarakat umum. Pemprov Jatim, lanjut Khofifah, akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terkait efektivitas program ini di lapangan. 

“Semoga dalam waktu dekat harga minyak goreng bisa stabil sepenuhnya. Terlebih, tidak lama lagi memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement