Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image musyafa ahmad

Kuatakan Tradisi NU, IPNU IPPNU Jagalempeni Ziarah ke Makam Aulia Setempat

Agama | Thursday, 20 Jan 2022, 09:21 WIB

Tradisi ziarah merupakan tradisi NU yang diperintahkan oleh Nabi. Banyak fungsi yang bisa kita dapatkan saat ziarah kubur. Mengingatkan bahwa hidup ini tidak abadi, menemukan kesadaran untuk beramal ibadah sebagai bekal di akhirat serta mendapatkan ketenangan hati saat bertahlil. Sebagai organisasi kader IPNU IPPNU punya amanat kultural untuk menjaga dan merawat tradisi NU termasuk ziarah dan tahlil di makam makam para leluhur. Hari ini kami rombongan IPNU IPPNU Jagalempeni melaksanakan ziarah kebeberapa makam para leluhur kab Brebes.

Pertama ke makam Mbah Rubi Klampok dilanjutkan ke Makam Syekh Junaidi Al Baghdadi Randusanga. Sebelumnya kami ziarah ke makam.KH Sihabudin Tahmid Jagalempeni santrinya al magfurlah KH Hasyim Asy'ari.

Demikian disampaikan Widia selaku Ketua IPPNU Ranting Jagalempeni saat melakun ziarah bersama Ahad, 16 Januari 2022.

Menurut Widia, tradisi ini menjadi rutinitas kami setiap tahun. Pesertanya semua anggota IPNU IPPNU Jagalempeni.

Senada dengan Widia, Ketua IPNU Jagalempeni menambahkan, ziarah ini menjadi program yang sudah direncanakan pada Raker IPNU IPPNU. Al hamdulillah, semua sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ziarah ini. Melalui doa dan tahlil dalam ziarah tersebut semoga dapat menambah militansi dalam berorganisasi.

Secara terpisah Akhmad Sururi selaku Pembina menyampaikan apresiasi yg setinggi tingginya terhadap gerakan tradisi ziarah. Sebagai generasi muda NU sangat penting dibekali dengan ritual ruhani,salah satunya dengan ziarah kubur. Tradisi ini harus kita pertahankan sampai kapanpun. Amanat sebagai orang NU adalah merawat dan menjaga tradisi para ulama Salaf. Dengan ziarah kubur rekan rekanita IPNU IPPNU akan banyak memetik hikmahnya serta mengambil pelajaran yang berharga.

Tradisi ziarah merupakan gerakan penguatan aqidah Ahlussunah Wal jamaah. Hal tersebut karena menjadi tradisi para pemduhulu dan diperintahkan oleh Nabi Muhammad dalam hadisnya. Semoga dengan berziarah dan berwashikah akan mendapatkan keberkahan.

Melalui komitmen, belajar, berjuang dan bertaqwa dengan berziarah kita bisa belajar tentang kehidupan. Melalui ziarah kita berjuang menguatkan tradisi NU. Dengan berziarah kita semakin bertaqwa dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dalam beribadah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image