Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Tujuh Tips Agar tak Jadi Korban Penipuan Asuransi

Rabu 19 Jan 2022 22:39 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Perusahaan asuransi yang bagus memiliki rencana produk yang jelas.

Memiliki asuransi kesehatan sangatlah penting, baik bagi yang masih single maupun yang sudah berkeluarga. Khusus bagi yang berkeluarga, manfaatnya bisa dikatakan double karena satu polis bisa digunakan untuk menanggung semua anggota keluarga.

Mengingat kepemilikan asuransi penting, semakin banyak pula oknum yang memanfaatkan momen ini untuk ajang penipuan. Agar kamu tidak menjadi salah satu korban, terapkan tips-tips berikut ini.

 

1. Kenali perusahaan asuransi

mengenal perusahaan asuransi

Tips pertama, kenali dulu perusahaan asuransinya. Perusahaan yang memiliki kredibilitas atau reputasi yang baik tidak akan menipu nasabah atau calon nasabah. Sebab, sudah menjadi misi perusahaan untuk memberikan yang terbaik. 

Poin penting untuk memastikan baik atau tidaknya kredibilitas perusahaan asuransi, diantaranya memiliki website resmi. Website tersebut memuat informasi seputar visi, misi, produk, alamat, cabang, layanan, dan laporan keuangan perusahaan asuransi. 

Tanyakan nama perusahaan jika seseorang menawarkan produk asuransi kesehatan, lalu cari tahu informasinya sebelum membeli. 

2. Kaji ulang plan asuransi

Perusahaan asuransi yang bagus memiliki plan atau rencana produk yang jelas. Plan ini nantinya ditunjukkan kepada nasabah untuk memastikan jika suatu produk sudah sesuai dengan kebutuhan. 

Sebagai calon nasabah, penting untuk mengkaji ulang plan yang ditawarkan. Sebab, plan yang dipilih akan mempengaruhi besar premi yang dibayar selama polis masih berstatus inforce. 

Jangan sampai bayar mahal, tapi manfaat asuransinya sama sekali tidak digunakan. Mintalah waktu untuk mempertimbangkan plan sebelum membuat keputusan, apalagi asuransi kesehatan ini sifatnya jangka panjang.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

3. Limit yang memadai

Besarnya premi menjadi pertimbangan mendasar sebelum membeli produk asuransi. Tapi, fokus kamu tidak hanya pada satu poin itu saja. Alangkah baiknya lihat limit yang diberikan secara keseluruhan per tahunnya.

Semakin besar limit, tentu semakin baik karena akan memberikan kelegaan tersendiri jika suatu saat kamu jatuh sakit. Setidaknya, biaya-biaya tersebut di-cover oleh perusahaan asuransi, jadi kemungkinan terpakainya uang pribadi menjadi kecil.

Limit keseluruhan ini biasanya akan dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai manfaat kesehatan. Misalnya biaya kamar, obat-obatan, check up, dan lain-lain. kamu bisa cek satu per satu saat agen menawarkan produk asuransi, jadi nantinya tidak salah pilih. 

4. Persyaratan daftar asuransi

medaftar asuransi

Setiap perusahaan asuransi mempunyai persyaratan umum dan khusus bagi calon nasabah yang otomatis mempengaruhi besar kecilnya premi bulanan. Salah satu persyaratan tersebut adalah dari segi usia. Semakin tua usia masuk asuransi, premi biasanya lebih mahal daripada nasabah yang masuk di usia muda.

Hal ini tidak lepas dari risiko penyakit yang terjadi. Orang yang lebih tua biasanya lebih rentan terkena penyakit. Selain itu, level atau tingkat penyakitnya juga lebih parah dibandingkan anak muda.

Informasi lengkap seputar persyaratan bisa dilihat langsung di website resmi perusahaan asuransi. Bisa juga dengan menanyakan kepada agen melalui telepon atau fitur live chat.

5. Membandingkan produk

Asuransi kesehatan dan jiwa merupakan dua produk yang sudah pasti dimiliki oleh perusahaan asuransi. Meski demikian, produk dan manfaat yang ditawarkan pastinya berbeda-beda antar perusahaan.

Sebelum memutuskan, sebaiknya bandingkan dulu produk dari masing-masing asuransi untuk mendapatkan satu yang terbaik. Apalagi jika kamu berencana untuk punya satu unit asuransi saja selama hidup.

Cara termudah untuk membandingkan produk adalah dengan membuka situs perusahaan asuransi secara sekaligus dari laptop. 

Baca Juga: Tips Mudah Klaim Asuransi Mobil Tanpa Adanya Penolakan

6. Membaca testimoni seputar pelayanan

Agar terhindar dari maraknya kasus penipuan asuransi, kamu bisa luangkan waktu untuk membaca testimoni seputar pelayanan yang perusahaan asuransi berikan. Mulai dari waktu tunggu klaim, pelayanan rumah sakit rekanan, keakuratan informasi dari agen, dan kecepatan membalas jika ada pertanyaan.

Sebab, perusahaan asuransi terpercaya selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik agar nasabah tidak berpaling “ke lain hati”. 

Jika pelayanannya kurang bagus, kamu akan terkena imbasnya saat membutuhkan pertolongan atau mengajukan klaim. Urusan administrasi yang harusnya cepat menjadi lama.

7. Pahami mekanisme asuransi

mekanisme asuransi

Nyatanya masih banyak masyarakat yang menolak untuk membeli asuransi kesehatan karena sama sekali tidak mengetahui mekanisme asuransi itu sendiri. Padahal cara kerjanya sederhana, dimana satu polis asuransi bisa digunakan untuk meng-cover seluruh anggota keluarga.

Beberapa mekanisme asuransi kesehatan, seperti :

  • Jumlah anggota keluarga yang ditanggung maksimum sebanyak lima orang (ayah, ibu, dan tiga orang anak). Jika lebih, maka akan dikenakan biaya premi tambahan sesuai ketentuan asuransi
  • Polis asuransi akan berakhir apabila kepala keluarga atau nama yang tertera pada polis mencapai batas usia pertanggungan atau meninggal dunia

Berhati-hati pada Manfaat Asuransi yang Non-Sense

Manfaat dari suatu asuransi tidak lepas dari besar kecilnya premi. Jika ada produk asuransi yang menawarkan banyak manfaat dengan premi murah, kaji ulang perusahaannya. Ada kemungkinan penipuan, jadi kamu bisa menghindar secepatnya sebelum dijadikan mangsa.

Baca Juga: Pahami Maksud 'Double Claim' dalam Asuransi Kesehatan

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA