Kamis 20 Jan 2022 01:47 WIB

Pemuka Agama India yang Serukan Penghancuran Masjid Ditangkap

Ia mengunggah seruannya dalam video dan mendapat reaksi tajam dari warganet.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Masjid India. Pemuka Agama India yang Serukan Penghancuran Masjid Ditangkap
Foto: Dok Republika
Ilustrasi Masjid India. Pemuka Agama India yang Serukan Penghancuran Masjid Ditangkap

IHRAM.CO.ID, KARNATAKA -- Polisi Karnataka, India telah menangkap seorang pemimpin agama yang memberikan seruan untuk menghancurkan sebuah masjid di kota Srirangapatna di distrik Mandya, di jalur Masjid Babri. 

Dilansir dari New Indian Express, Rabu (19/1/2022), orang tersebut bernama Rishikumar Swamiji dari Kaali Mutt. Ia telah membuat video di depan masjid di Srirangapatna dan membuat seruan publik bahwa masjid harus dihancurkan karena dibangun di atas sebuah kuil.

Baca Juga

Selain itu, di dalam video tersebut terdapat pilar, dinding dan kalyani (badan air) di dalam bangunan masjid yang menurutnya melambangkan arsitektur Hindu. Ia mengatakan umat Hindu harus segera menghancurkannya.

Video tersebut pun itu diunggah di akun media sosialnya dan mendapat reaksi tajam dari warganet. Polisi Srirangapatna telah pergi ke kampung Rishikumar Swamiji yang terletak di distrik Chikkamagalur dan membawa Rishikumar ke tahanan mereka. Lalu, menyerahkannya ke pengadilan setempat.

Pengacara dari Rishikumar berpendapat pernyataan yang dibuat oleh kliennya tidak kontroversial. "Dia telah menghilangkan rasa sakitnya setelah melihat jejak candi di masjid," kata dia.

Namun, penasihat hukum pemerintah berpendapat permohonan jaminannya tidak boleh dipertimbangkan mengingat pembebasannya menyebabkan disharmoni komunal dan penghancuran barang bukti. Pengadilan Rishikumar pun dilaksanakan Rabu.

 

https://www.newindianexpress.com/states/karnataka/2022/jan/19/religious-leader-who-gave-call-to-demolish-mosque-arrested-in-karnataka-2408610.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement