Kamis 20 Jan 2022 05:42 WIB

Lima Cara Alami Memutihkan Gigi di Rumah

Warna gigi Anda ditentukan oleh berbagai faktor kebiasaan Anda.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Gigi putih cemerlang. Lima Cara Alami Memutihkan Gigi di Rumah
Foto: Megabored
Gigi putih cemerlang. Lima Cara Alami Memutihkan Gigi di Rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warna gigi Anda ditentukan oleh berbagai faktor kebiasaan gigi, apa yang Anda makan dan minum dan juga usia Anda. Mengunyah makanan dan beberapa asam dari makanan dan minuman mengikis gigi. Selain itu, menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Dilansir dari NewsBytes App, Rabu (19/1/2022), ada beberapa cara murah untuk memutihkan gigi di rumah secara alami. Berikut lima cara yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga

Sikat gigi dengan soda kue

Soda kue mengandung sifat pemutih alami. Ini juga merupakan abrasif ringan yang dapat menghilangkan noda pada permukaan gigi Anda. Ini membentuk lingkungan basa di mulut Anda yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Campurkan satu sendok teh soda kue dengan dua sendok teh air untuk membentuk pasta.

Kumur dengan minyak kelapa 

Metode ini juga terbukti membantu dalam meningkatkan kesehatan gigi. Metode ini sebagian besar digunakan untuk mengeluarkan racun dari tubuh Anda dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kumur sedikit minyak di mulut Anda untuk menyingkirkan bakteri yang berubah menjadi plak dan membuat gigi Anda kuning. Minyak wijen dan minyak kelapa direkomendasikan untuk hal ini.

Hindari kopi dan soda 

Pencegahan adalah cara lain untuk menjaga gigi Anda tetap putih. Cobalah menghindari makanan seperti kopi, anggur merah dan soda untuk mencegah pembentukan noda pada gigi Anda. Bahkan jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah sedang, pastikan untuk menyikat gigi 25 sampai 30 menit setelah dikonsumsi. Perubahan warna gigi juga bisa terjadi karena merokok dan tembakau, jadi hindari sepenuhnya.

Konsumsi nanas dan stroberi 

Makanan tertentu dapat membuat gigi Anda terlihat lebih cerah dengan melawan noda secara alami dan juga membantu kesehatan mulut secara keseluruhan. Memiliki makanan kaya kalsium membantu mencegah perubahan warna gigi.

Nanas dan stroberi telah menunjukkan hasil yang efektif dalam memutihkan gigi. Nanas mengandung komponen bromelain yang dapat membantu menghilangkan noda. Stroberi mengandung asam malat yang dapat mencegah perubahan warna pada gigi.

Gosok kulit pisang, jeruk atau lemon ke gigi 

Anda bisa menggosokkan kulit jeruk, pisang atau lemon pada gigi Anda dengan lembut selama dua menit. Kemudian cuci mulut dan gosok gigi. Kulit buah ini memiliki asam sitrat yang dapat membantu memutihkan gigi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement