Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

11 RT di Cengkareng Jakarta Barat Terendam Banjir Sejak Dini Hari

Rabu 19 Jan 2022 21:19 WIB

Red: Nur Aini

Seorang warga berjalan di tengah banjir di kawasan Cengkareng, Jakarta, Selasa (18/1/2022). Banjir tersebut terjadi karena buruknya drainase di kawasan itu serta tingginya instensitas hujan pada Selasa (18/1) siang.

Seorang warga berjalan di tengah banjir di kawasan Cengkareng, Jakarta, Selasa (18/1/2022). Banjir tersebut terjadi karena buruknya drainase di kawasan itu serta tingginya instensitas hujan pada Selasa (18/1) siang.

Foto: ANTARA/FAUZAN
Sebagian warga Cengkareng tidak mengungsi dan memilih tinggal di lantai dua rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 11 RT di RW 02 kawasan Tegal Alur, Cengkareng, Jakarta Barat terendam banjir setelah hujan deras melanda lokasi tersebut sejak Rabu dini hari. Ketinggian air di sebelas RT itu pun beragam dari 60 sentimeter di kawasan permukiman hingga 120 sentimeter di bantaran Kali Semongol.

"(Ketinggian air) 120 sentimeter itu ada di wilayah RT 01 yang lain mayoritas 80-60 sentimeter," kata ketua RW 02 Krisdiantoro saat ditemui di lokasi banjir, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga

Krisdiantoro mengatakan awalnya banjir tidak terlalu tinggi setelah hujan deras pada pagi hari. Namun menjelang siang, air justru semakin tinggi hingga akhirnya menyentuh ketinggian 120 sentimeter.

"Sampai saat ini makin siang justru makin naik air. Iya kiriman dari Kali Semongol dan sifatnya air ini hanya berputar dan nunggu aliran sampai ke laut itu agak kering," kata Krisdiantoro.

Baca:Banjir Jakarta Meluas ke 102 RT, Jumlah Pengungsi Bertambah

Akibat banjir sebanyak 24 kepala keluarga yang terdiri 72 jiwa mengungsi di rusun dan masjid di sekitar permukiman warga. Krisdiantoro melanjutkan sebagian warga tidak mau mengungsi dan memilih untuk tinggal di lantai dua rumah.

"Kurang lebih kalau terdampak secara langsung sih satu RW ya ada kira-kira ada 5.000 jiwa warga. Tapi sebagian besar tidak mengungsi," kata Krisdiantoro. Dia berharap Pemerintah Kota Jakarta Barat dapat bertindak cepatagar banjir di lokasinya cepat surut dan warga bisa beraktivitas secara normal.

Baca: Banjir Diatasi Cepat Saat Hujan Ekstrem, Anies: Atas Izin Allah

Baca: Wagub DKI: 28 Sekolah Kembali Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA