Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Ahli Imunologi: Hindari Asupan Gula Berlebih, Jalani Tes Kadar Gula Darah

Rabu 19 Jan 2022 19:24 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Baca label informasi makanan kemasan untuk mengetahui kandungannya. Produk makanan yang terkesan sehat terkadang memiliki kandungan gula yang tinggi.

Baca label informasi makanan kemasan untuk mengetahui kandungannya. Produk makanan yang terkesan sehat terkadang memiliki kandungan gula yang tinggi.

Foto: corbis
Perubahan gaya hidup, misalnya dengan batasi gula, dapat bantu pelihara kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menjaga pola makan dan menghindari asupan gula berlebih, ahli imunologi Dr Heather Monday menganjurkan semua orang untuk mengecek kadar gula darah mereka. Tes yang direkomendasikan adalah tes HbA1c.

Dilansir NBC Chicago, Rabu (19/1/2022), Tes HbA1c merupakan tes gula darah yang dapat memberikan gambaran seperti apa kadar gula darah seseorang dalam tiga bulan terakhir. Tes ini sebaiknya dilakukan meski seseorang memiliki kadar gula darah puasa yang normal.

Baca Juga

Setelah mengetahui seperti apa gambaran kadar gula darah yang dimiliki, Dr Monday menganjurkan empat perubahan gaya hidup yang dapat membantu memelihara kesehatan. Salah satunya adalah memangkas asupan gula agar tidak berlebih.

Coba beralih secara perlahan ke opsi makanan yang lebih sehat ketika ingin mengonsumsi sesuatu yang manis. Bila sesekali, makanan manis seperti dessert juga masih boleh dikonsumsi.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah label makanan. Produk makanan yang terkesan sehat terkadang memiliki kandungan gula yang tinggi. Hindari mengonsumsi gula tambahan lebih dari 50 gram per hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA