Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Pakar: Atur Keuangan dengan Bikin Tiga Pos Utama Pengeluaran

Rabu 19 Jan 2022 17:00 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi mengatur keuangan. Salah satu cara dalam mengatur keuangan adalah dengan menganggarkan pengeluaran dalam tiga pos.

Ilustrasi mengatur keuangan. Salah satu cara dalam mengatur keuangan adalah dengan menganggarkan pengeluaran dalam tiga pos.

Foto: Mgrol100
Pengeluaran untuk membeli masker termasuk di pos pengeluaran kebutuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 membuat sebagian orang mengalami penurunan pemasukan. Tak sedikit juga yang kondisi keuangannya menjadi tidak stabil lantaran banyaknya pengeluaran mendadak, salah satunya untuk masalah kesehatan.

Perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie mengatakan, pandemi Covid-19 mendatangkan banyak tantangan, khususnya dari sisi finansial. Yang paling berat adalah cara mengatur pengeluaran agar tidak lebih besar dari pemasukan.

Baca Juga

Menurut Prita, dalam mengatur atau mengelola keuangan, hal yang paling mendasarkan adalah membagi anggaran pengeluaran dalam tiga pos utama, yakni living, saving, dan playing atau kebutuhan, tabungan, dan senang-senang.

"Contohnya, sekarang kita harus beli masker, berarti pos living-nya ditambahin. Aku paham banget kalau sekarang pos living itu bisa bengkak, artinya pengeluarannya jadi bertambah," ujar Prita dalam webinar "MR.DIY Semua Ketemu di Sini", Rabu (19/1/2022).

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA