Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Kenalan Pendiri Pasar NFT OpenSea, 30 Tahun Sudah Jadi Miliarder Teknologi

Rabu 19 Jan 2022 14:35 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Pendiri OpenSea Devin Finzer dan Alex Atallah (kiri)

Pendiri OpenSea Devin Finzer dan Alex Atallah (kiri)

Foto: forbes
Setiap Saham pendiri OpenSea,Devin Finzer dan Alex Atallah bernilai 2,2 miliar dolar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu pasar Non Fungible Token (NFT) yang tengah ramai diperbincangkan adalah OpenSea. Beberapa pekan lalu, nilai perusahaan OpenSea sebesar 13,3 miliar dolar Amerika.

Angka tersebut naik 1,5 miliar dolar Amerika hanya dalam waktu enam bulan. Menurut perkiraan Forbes, setiap saham pendiri OpenSea, yaitu Devin Finzer dan Alex Atallah senilai sekitar 2,2 miliar dolar Amerika.

Baca Juga

Empat tahun lalu, OpenSea didirikan dan menjadi perusahaan rintisan NFT yang berbasis di New York. NFT merupakan aset digital seperti karya seni yang terdaftar pada buku besar disebut blockchain.

Di OpenSea, pengguna dapat membuat, membeli, dan menjual semua jenis NFT dengan imbalan potongan 2,5 persen dari setiap penjualan. Selama setahun terakhir, OpenSea telah berkembang pesat.

Pada bulan Juli 2021, OpenSea telah menutup putaran pendanaan 100 juta dolar Amerika yang dipimpin oleh perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz dan mencatat transaksi senilai sekitar 350 juta dolar Amerika pada bulan itu. Bulan berikutnya, transaksi mencapai 3,4 miliar dolar Amerika, sebuah peningkatan mengejutkan sepuluh kali lipat yang menghasilkan pendapatan 85 juta dolar Amerika dari komisi.

Namun, pada bulan berikutnya, pasar NFT sedikit mendingin dan memanas lagi pada Desember 2021. OpenSea memproses lebih dari 3,3 miliar dolar Amerika penjualan pada bulan lalu. Ini menghasilkan sekitar 82,5 juta dolar Amerika pendapatan untuk dirinya sendiri. Saat ini, perusahaan mempekerjakan lebih dari 70 orang.

 
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA