Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Ciri Anda Terinfeksi Omicron Bisa Terlihat di Mata

Rabu 19 Jan 2022 12:07 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Ciri Anda terinfeksi omicron bisa terlihat pada mata. (ilustrasi)

Ciri Anda terinfeksi omicron bisa terlihat pada mata. (ilustrasi)

Foto: Pxfuel
Omicron menunjukkan beberapa tanda yang kurang diketahui, termasuk di mata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika Covid-19 pertama kali muncul, orang-orang diperingatkan akan tiga gejala utama. Namun dengan mutasi baru, muncul banyak gejala baru virus.

Tiga tanda klasik virus corona adalah suhu tinggi, batuk baru yang terus-menerus, dan kehilangan atau perubahan pada indera penciuman atau perasa Anda. Namun, berbeda dengan varian sebelumnya, omicron hadir dengan gejala yang memengaruhi berbagai bagian tubuh.

Baca Juga

Dilansir di laman Mirror, Rabu (19/2/2022), gejala omicron telah digambarkan ringan dan lebih mirip dengan flu biasa. Tapi varian baru ini telah menunjukkan beberapa tanda yang kurang diketahui, termasuk yang muncul di mata. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang gejala baru omicron yang diungkapkan oleh dokter umum, dr Nina Aslam.

Dr Aslam mengatakan gejala omicron mengejutkan yang bisa muncul di mata adalah konjungtivitis. Konjungtivitis atau mata merah adalah peradangan pada konjungtiva, yaitu selaput tipis yang melapisi bagian dalam kelopak mata Anda.

Tanda virus yang kurang dikenal pertama kali terlihat pada seorang pria berusia 29 tahun pada Maret 2020. Wanita yang memiliki gejala pernapasan minimal tetapi menderita kasus konjungtivitis parah dinyatakan positif terkena virus corona. "Reseptor sel yang digunakan varian Covid-19 untuk masuk ke dalam tubuh ada di mata," ujarnya.

Dia menyebut, studi pendahuluan juga mengungkapkan omicron mungkin memiliki kapasitas yang lebih besar untuk berdampak pada mata daripada varian lainnya. Gejalanya bisa muncul pada orang yang tidak menunjukkan gejala.

Dia menyarankan agar Anda melindungi mata dengan menjaganya tetap bersih dan mengobati mata merah atau kotoran dengan cepat. "Seka semua kerak dari setiap mata menggunakan kapas bersih terpisah yang dicelupkan ke dalam air matang yang didinginkan," ujarnya.

Pada kasus infeksi konjungtivitis ringan, Anda dapat menggunakan obat tetes mata atau salep mata tertentu sebagai pengobatan. Tanda-tanda umum omicron menurut penelitian ZOE Covid-19 adalah tenggorokan kering atau gatal, pilek, bersin, sakit otot ringan dan kelelahan.

Tanda-tanda varian lain yang dilaporkan termasuk kemacetan, kabut otak, ruam kulit, konjungtivitis, mual atau muntah, dengan beberapa orang juga mengalami kelumpuhan tidur dan keringat malam. Baru-baru ini, sebuah rumah sakit Berlin mengungkapkan, pingsan bisa menjadi tanda virus juga.

Ada juga gejala tertentu yang memerlukan perhatian medis segera. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) meminta orang-orang untuk mewaspadai kulit pucat, abu-abu atau berwarna biru, bibir atau alas kuku, yang dapat menunjukkan tingkat oksigen yang sangat rendah dalam darah. Dr Anqelique Coetzee, yang pertama kali memperingatkan varian baru di Afrika selatan, memperingatkan mereka yang tidak divaksinasi mungkin mengalami gejala seperti sakit kepala dan nyeri otot yang lebih parah.

Baca juga : Tanda-Tanda Omicron yang Harus Diwaspadai

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA