Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Kecanduan Makan Manis? Makanan Ini Bisa Jadi Solusinya 

Rabu 19 Jan 2022 07:37 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nashih Nashrullah

Buah plum yang baru dipetik. Kecanduan makanan manis bisa picu penyakit

Buah plum yang baru dipetik. Kecanduan makanan manis bisa picu penyakit

Foto: EPA
Kecanduan makanan manis bisa picu penyakit

REPUBLIKA.CO.ID, — Ada kalanya, seseorang merasa ingin mengonsumsi sesuatu yang manis. Namun, akan menjadi masalah bila keinginan untuk menyantap makanan manis ini terus menerus dan tak dikendalikan.  

Keinginan mengonsumsi makanan atau minuman manis yang tak dikendalikan bisa memicu terjadinya konsumsi gula berlebih. Beberapa dampak buruk dari konsumsi gula berlebih adalah penambahan berat badan dan peningkatan risiko diabetes. 

Baca Juga

Salah satu cara mengendalikan keinginan berlebih untuk mengonsumsi sesuatu yang manis adalah dengan mengonsumsi makanan padat gizi yang cukup sepanjang hari. Cara ini akan membantu memberikan perasaan kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk menyantap makanan manis akan lebih terkendali. 

Trik lain yang bisa membantu adalah mengonsumsi cemilan yang tepat ketika keinginan untuk mengonsumsi sesuatu yang manis muncul. Salah satu cemilan yang bisa menjadi pilihan tepat adalah prune atau buah plum yang dikeringkan. 

Ada beberapa alasan mengapa prune bisa menekan keinginan menyantap sesuatu yang manis atau sugar craving. Salah satu alasannya, menemil prune bisa menurunkan rasa lapar dan membuat seseorang cenderung mengonsumsi kalori yang lebih sedikit. 

Hal ini diketahui melalui sebuah studi yang dikuat dalam Journal of Nutrition Bulletin. Menurut studi tersebut, partisipan yang mengemil prune lebih jarang merasa lapar dan mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan partisipan yang mengemil kismis atau jelly beans

"Dan mereka yang mengemil prune juga memiliki kontrol nafsu makan yang lebih baik dibandingkan mereka yang mengemil kismis atau jelly bean," pungkas ahli gizi Lauren Manaker MS RDN, seperti dilansir EatThis

Prune juga bisa membantu mengatasi sugar craving dengan cara memberikan rasa manis tanpa gula tambahan. Seperti diketahui, gula tambahan dapat memicu semacam adiksi pada neurokimia otak. 

"Prune manis secara alami, suatu faktor yang bisa membantu memuaskan orang yang gemar makanan manis," kata Manaker. 

Namun berbeda dengan permen yang hanya memberi rasa manis, prune tak hanya terasa manis tetapu juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral secara alami. Prune pun mengandung serat yang dapat memberikan perasaan kenyang. 

Dalam setiap prune, terdapat sekitar 3,5 gram gula alami dan 0,5 gram serat. Bagi yang sering mengalami masalah sugar craving, ada baiknya memiliki beberapa stok prune di rumah.

 

Sumber:eatthis 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA