Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

...

Ini 5 Pesepak Bola dengan Pergerakan Paling Cerdas di Atas Lapangan

Rabu 19 Jan 2022 05:37 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Striker Real Madrid, Karim Benzema, salah satu pesepak bola dengan pergerakan cerdas di lapangan.

Striker Real Madrid, Karim Benzema, salah satu pesepak bola dengan pergerakan cerdas di lapangan.

Foto: AP/Bernat Armangue
Kecerdasan pesepak bola kerap tergambar dalam kemampuan memanfaatkan celah sempit.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sepak bola bisa dibilang bukan olahraga yang sekadar mengandalkan kekuatan fisik. Kecerdasan dalam membaca arah permainan, pemahaman taktik yang diterapkan pelatih, dan pergerakan, baik saat menguasai bola atau tanpa bola, menjadi kualifikasi yang diharapkan dimiliki pula oleh pesepak bola profesional.

Bahkan, tidak jarang, kualitas-kualitas ini menjadi pembeda antara dua tim yang bertanding di atas lapangan. Pemain dengan intelegensia sepak bola yang cukup mumpuni dapat memperbesar atau bahkan menciptakan peluang mencetak gol.

Baca Juga

Di titik ini, kehadiran pemain-pemain seperti itu dinilai cukup krusial buat sebuah tim dalam berburu kemenangan. Kecerdasan sepak bola ini kerap tergambar dalam kemampuan seorang pemain memanfaatkan celah ataupun ruang sekecil apapun di lini belakang tim lawan.

Selain itu, lewat pergerakan tanpa bola, pemain-pemain tersebut mampu menyediakan ruang buat rekan setimnya untuk bisa merangsek ke jantung pertahanan tim lawan. Setidaknya ada lima pemain di pentas sepak bola Eropa yang dianggap memiliki pergerakan paling cerdas di atas lapangan dan memberikan pengaruh besar buat performa tim secara keseluruhan.

Berikut deretan lima pemain tersebut berdasarkan lansiran SportsKeeda, Selasa (18/1).

1. Karim Benzema (Real Madrid)

Saat Cristiano Ronaldo masih memperkuat Real Madrid, Karim Benzema lebih banyak diplot untuk membuka ruang ketimbang ditempatkan sebagai penyelesai serangan. Namun, penyerang asal Prancis itu ternyata belajar banyak dari peran yang pernah dijalaninya tersebut.

Terbukti, begitu Ronaldo meninggalkan Los Blancos pada 2018, Benzema langsung menjadi andalan utama Los Blancos dalam mencetak gol. Tidak seperti kebanyakan penyerang tengah, Benzema memiliki kemampuan untuk turun ke lapangan tengah dan terlibat secara langsung dalam bangunan serangan lawan.

Selain itu, Benzema juga lebih sering berada di sisi sayap. Namun, begitu melihat ada celah di lini belakang, Benzema akan berlari di antara para pemain bertahan. Hal ini membuat para pemain bertahan kesulitan untuk memprediksi pergerakan eks striker Lyon tersebut.

Pemain berusia 34 tahun itu pun menemukan performa terbaiknya dalam perannya tersebut. Pada musim ini, Benzema tercatat telah mencetak 17 gol dan tujuh gol dari 20 penampilan di pentas La Liga Spanyol.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA