Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

5 Produk yang Penting Dimiliki Setiap Orang untuk Tangkal Covid-19

Rabu 19 Jan 2022 04:59 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nashih Nashrullah

Seorang pria memakai Masker N95 (Ilustrasi). Pencegahan Covid-19 bisa dimulai dengan menggunakan masker dan vitamin

Seorang pria memakai Masker N95 (Ilustrasi). Pencegahan Covid-19 bisa dimulai dengan menggunakan masker dan vitamin

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pencegahan Covid-19 bisa dimulai dengan menggunakan masker dan vitamin

REPUBLIKA.CO.ID, Varian Omicron yang sangat mudah menular membuat orang-orang perlu lebih ekstra dalam melakukan berbagai upaya pencegahan. Terkait hal ini, ada lima produk yang bisa membantu mengoptimalkan perlindungan diri di masa pandemi. 

Sebagian dari produk tersebut dapat memberikan perlindungan dari luar tubuh. Sedangkan sebagian lainnya memperkuat pertahanan diri dari dalam tubuh. Berikut ini adalah kelima produk tersebut, seperti dilansir EatThis

Baca Juga

Masker medis 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker berkualitas tinggi di tengah meluasnya varian Omicron. Beberapa jenis masker yang direkomendasikan adalah masker N95 dan KN95.

Jenis masker ini dapat memberikan perlindungan yang jauh lebih baik dibandingkan masker kain. Masker berkualitas tinggi ini sangat direkomendasikan, khususnya ketika berada di tempat dengan risiko penularan tinggi. 

Akan tetapi, masker berkualitas tinggi cenderung kurang nyaman untuk digunakan. Sebagai alternatif, masker bedah bisa menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan masker kain. Masker bedah dibuat dari polypropylene yang bersifat elektrostatik. Oleh karena itu, masker bedah bisa menangkap partikel virus agar tidak terhirup. 

Vitamin D 

Kepala Penasihat Medis Gedung Putih Dr Anthony Fauci menganjurkan agat suplemen vitamin D dikonsumsi setiap hari. Kekurangan atau defisiensi vitamin D dapat membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Studi juga mengungkapkan bahwa kadar vitamin D yang lebih rendah dapat berkaitan dengan kejadian Covid-19 yang lebih berat. 

Vitamin C 

Seperti vitamin D, vitamin C merupakan booster sistem imun yang baik. Vitamin C berkontribusi pada imunitas dengan cara menunjang beragam fungsi sel dari sistem imun bawaan atau adaptif. 

Studi pada 2017 menunjukkan bahwa defisiensi vitamin C dapat mengganggu imunitas dan membuat seornag individu jadi lebih rentan terhadap infeksi. Suplemen vitamin C diketahui berperan dalam pencegahan dan proses penyembuhan infeksi saluran pernapasan dan sistemik. 

Pembersih udara  

Beberapa studi menemukan bahwa alat pembersih udara atau air purifier bisa mengurangi penyebaran virus corona secara efektif dengan cara menjaga sirkulasi udara. Alat pembersih udara yang disertai dengan HEPA filter bahkan bisa menangkap virus karena terbukti dapat menyaring partikel apa pun yang berukuran 0,3 mikron atau lebih kecil. Ukuran partikel virus penyebab Covid-19 adalah 0,125 mikron. 

Hand sanitizer  

Meski Covid-19 lebih mudah menular melalui mulut dan hidung dibandingkan kontaminasi dari permukaan benda, menjaga kebersihan tangan tetap pentibg dilakukan. Menjaga kebersihan tangan tak hanya dapat mengurangi risiko penularan Covid-19, tetapi juga penyakit lain seperti flu atau pilek. 

Produk hand sanitizer yang digunakan sebaiknya mengandung minimal 60 persen alkohol. Bila memungkinkan, jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

 

Sumber: eathis 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA