Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Aceh Selatan Kembangkan Objek Wisata Pulau Dua

Rabu 19 Jan 2022 03:37 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan memfokuskan pengembangan destinasi wisata Pulau Dua guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat (ilustrasi).

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan memfokuskan pengembangan destinasi wisata Pulau Dua guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat (ilustrasi).

Foto: ANTARA/HO/Dian
Pulau Dua kini menjadi destinasi favorit di Kabupaten Aceh Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan memfokuskan pengembangan destinasi wisata Pulau Dua guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Safril, mengatakan Pulau Dua yang berada di Kecamatan Bakongan Timur, kini menjadi destinasi favorit di Kabupaten Aceh Selatan.

"Kini, Pulau Dua menjadi destinasi unggulan. Di Pulau Dua juga sudah dibangun dermaga dan rumah tinggal bagi wisatawan yang ingin bermalam di tempat tersebut," Kata Safril, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga

Safril mengatakan, pengembangan pariwisata Pulau Dua membutuhkan anggaran tidak sedikit. Di antaranya untuk pembangunan sarana dan prasarana pendukung.

"Sarana dan prasarana pendukung tersebut meliputi musala, penerangan, sanitasi, dan alat-alat khusus bagi wisatawan serta sarana kebersihan," kata Safril.

Pulau Dua, kata Safril, sering disebut dengan surga tersembunyi. Pemandangan yang eksotis dengan biota laut Samudra Hindia, menarik minat wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk berkunjung ke pulau tersebut.

Safril mengatakan, Pulau Dua berada tidak jauh dari jalan nasional Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan dengan Medan, Sumatra Utara. Berjarak lebih kurang 68 kilometer dari Tapaktuan.

"Hanya butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai ke Bakongan Timur dengan menggunakan kendaraan roda empat, sedangkan untuk menyeberang ke Pulau Dua, membutuhkan waktu kurang dari 15 menit menggunakan perahu," kata Safril.

Safril mengatakan, Pulau Dua sering dijadikan tujuan wisata bahari seperti menyelam, kemah, dan memancing. Serta menjadi titik swafoto dan berbagai kegiatan pariwisata lainnya. 

"Pulau dua memiliki pantai yang indah dengan pasir putih. Hal ini membuktikan Pulau Dua tidak kalah eksotis dengan pulau lainnya di Indonesia," kata Safril.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA