Selasa 18 Jan 2022 23:34 WIB

Ridwan Kamil Deklarasi Maju di Pilpres 2024: Lahir Batin Siap

Meski mengaku siap maju di Pilpres 2024, Emil belum menentukan ikut partai mana.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap maju pada Pilpres 2024.
Foto: istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap maju pada Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akhirnya terbuka ketika ditanya apakah siap maju dalam Pilpres 2024. Ia mengakui sudah siap secara lahir dan batin.

"Lahir batin sudah siap, tinggal masalah warna (partai) apa saya kabari nanti," kata Ridwan Kamil di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (18/1/2022) malam.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan belum menentukan partai mana yang akan digandengnya sebagai kendaraan pada Pilpres 2024. Ia mengaku masih memilih partai yang sesuai keyakinannya, yakni yang konsisten memperjuangkan nilai-nilai Pancasila.

"Saya sudah sampaikan tahun ini, mungkin akan berikhtiar sesuai dengan keyakinan saya. Dan yang saya pegang adalah pasti yang sangat konsisten yang memperjuangkan Pancasila," ujarnya.

 

Mantan wali kota Bandung itu berkata, nilai Pancasila tidak hanya di Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) karena semua partai memiliki nilai pancasila pada AD/ART-nya. Namun, kata Kang Emil, track record-nya pasti akan jadi dasar dia untuk berlabuh.

"Per hari ini, komunikasi ke semua partai tidak berhenti, tapi nanti ada waktu yang pas, mungkin saya akan menyampaikan. Setelah itu, yah semua hidup ini adalah pilihan, kira-kira begitu. Jadi, nanti pasti sampaikan ke media," kata Emil.

Meski begitu ia tidak mengungkapkan akan maju sebagai capres atau cawapres. Menurutnya pilihan tersebut ditentukan oleh Allah SWT.

"RI satu atau RI dua itu Allah yang tentukan. Tugas manusia kayak PON Papua tadi, kerja keras, bertanding, berkompetisi nanti medali perak atau emas itu wilayah Tuhan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement