Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Ini Lima Sekuel Film yang Dibatalkan karena Film Sebelumnya Dicap Gagal

Rabu 19 Jan 2022 03:01 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Lima sekuel film yang dibatalkan secara mengejutkan karena film sebelumnya dianggap gagal (ilustrasi).

Lima sekuel film yang dibatalkan secara mengejutkan karena film sebelumnya dianggap gagal (ilustrasi).

Foto: Reuters
Setiap kali sebuah film sukses, bisa dipastikan itu akan menghasilkan angsuran kisah.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Dalam beberapa tahun terakhir, sekuel jadi semakin lumrah di industri Hollywood. Setiap kali sebuah film sukses, bisa dipastikan itu akan menghasilkan angsuran, bahkan jika perlu ada versi spin-off.

Namun, ada juga film yang awalnya dimaksudkan untuk menjadi waralaba, namun karena gagal secara komersial, akhirnya produksi sekuel dibatalkan. Berikut deretan pembatalan sekuel yang paling mengejutkan seperti dilansir di Screen Rant, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga

1. The Golden Compass

photo
Film The Golden Compass. - (New Line Cinema)
 

Ada beberapa novel fantasi yang disambut antusias penggemar seperti His Dark Materials karangan Philip Pullman. Meskipun sekarang menjadi serial fantasi yang sukses di HBO, pada awal 2000-an film adaptasi dari novel tersebut berjudul The Golden Compass dicap gagal dan mendapat kritik pedas ketika tayang di layar lebar. Karena film yang didesain sebagai trilogi pertama tidak berhasil, akhirnya sekuel yang direncanakan pada novel The Subtle Knife terpaksa dibatalkan.

2. The Amazing Spider-Man 3

photo
Film The Amazing Spider-Man. - (Columbia Pictures)
 

Keberhasilan Spider-Man: No Way Home baru-baru ini memberi kehidupan baru pada iterasi sebelumnya dari pahlawan super, yang dibintangi oleh Andrew Garfield dalam peran tersebut. Meskipun The Amazing Spider-Man tampil cukup baik di bioskop, sekuelnya dinilai gagal karena menampilkan cerita yang tak jelas arahnya.

Alasan itulah yang kemudian mendorong studio untuk membatalkan seri ketiga dari film tersebut. Ini sangat disayangkan dan mengejutkan karena tidak memberikan kesempatan kepada Garfield untuk menyelesaikan kisahnya.

3. Independence Day 3

photo
Film Independence Day. - (20th Century Fox)
 

Ada beberapa film aksi tahun 1990-an yang cukup ikonik seperti Independence Day. Gambar pesawat luar angkasa alien yang meledakkan Gedung Putih sepertinya telah terpatri dalam ingatan kolektif.

Meskipun sepertinya ide yang bagus untuk me-reboot properti ini, namun diluar dugaan Independence Day: Resurgence tidak sukses di box office. Jadi, sekuel ketiga yang dari semesta ini pun harus dibatalkan produksinya.

4. John Carter

photo
Film John Carter. - (Walt Disney Studios)
 

Film John Carter mungkin dinilai sebagai salah satu film fiksi ilmiah terpenting dalam beberapa tahun terakhir. Disney tidak hanya menuangkan cukup banyak uang ke dalamnya, tetapi juga didasarkan pada cerita yang dianggap kuat. Ini jelas terlihat seperti jenis film yang memiliki ambisi franchise, dengan sinematografi dan CGI yang indah.

Sayangnya, terlepas dari investasi besar yang digelontorkan Disney, film itu tidak mampu menarik banyak penonton di box office. Jadi, sampai saat ini tidak ada sekuel apapun tentang film tersebut.

5. Green Lantern

photo
Film Green Lantern. - (Warner Bros. Pictures)
 

Ryan Reynolds telah membuktikan di banyak film hebatnya bahwa dia adalah aktor berbakat yang luar biasa. Jadi masuk akal jika banyak yang berpikir bahwa penampilannya di film superhero Green Lantern akan menghasilkan waralaba. Namun, ternyata karisma dan pesona bintang Reynolds yang cukup besar pun tidak cukup.

Film ini dicap gagal karena dianggap kurang setia pada komiknya dan CGI-nya yang buruk. Meskipun DC Extended Universe akan terus memproduksi film yang lebih populer, yang satu ini pada akhirnya ditinggalkan dari kontinuitas itu. Bahkan gagasan untuk menayangkannya sebagai film televisi tidak membuahkan hasil.

Selain kelima film tersebut, masih ada deretan sekuel lain yang dibatalkan seperti The Lone Ranger, Planet of the Apes, Allegiant, Eragon, dan The Silver Chair.

Baca juga : Andrew Garfield Rahasiakan Perannya dari Emma Stone di Spider-Man: No Way Home

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA