Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Rutinitas yang Bikin Ratu Elizabeth Tetap Aktif dan Bugar di Usia 95

Selasa 18 Jan 2022 17:02 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Ratu Inggris Elizabeth II sempat menginap di rumah sakit untuk menjalani tes kesehatan pada Rabu (20/10/2021). Di usia 95 tahun, Ratu Elizabeth menjaga rutinitasnya dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Ratu Inggris Elizabeth II sempat menginap di rumah sakit untuk menjalani tes kesehatan pada Rabu (20/10/2021). Di usia 95 tahun, Ratu Elizabeth menjaga rutinitasnya dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Foto: Victoria Jones/Pool via AP
Ratu Elizabeth II punya pendekatan tersendiri dalam menjaga kesehatannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratu Elizabeth II masih menjalankan tugas kerajaan dan tetap aktif meski usianya sudah 95 tahun. Bukan penggemar makanan diet atau olahraga ketat, ratu Inggris memilih pendekatan yang lebih masuk akal.

Saat mendekati 70 tahun bertakhta, Ratu menjalani  beberapa aturan untuk membuatnya tetap bugar. Meskipun sempat alami masalah kesehatan belum lama ini, secara keseluruhan Ratu masih dalam kondisi prima.

Baca Juga

Ratu Elizabeth II yang memiliki 12 cicit masih tetap aktif bertugas dan menjadi contoh cemerlang bagaimana menjadi tua dengan anggun. Dilansir Express, Selasa (18/1/2022), Direktur Klinis dan Pengawas Apoteker di Medicine Direct, Hussain Abdeh, memberi tahu rahasianya.

1. Diet ala Ratu Inggris

Sudah diketahui secara umum bahwa Ratu Inggris tetap makan malam dan makan siang dengan sederhana. Mantan kokinya, Darren McGrady, mengatakan bahwa Ratu lebih menyukai makanan seperti ikan atau daging dengan sayuran sebagai pelengkap.

McGrady mengatakan, Ratu Elizabeth cenderung menghindari karbohidrat, seperti kentang dan pasta, terutama pada malam hari. McGrady mengatakan, makan siang khas untuk Ratu adalah ikan sol Dover dengan tumis bayam.

"Ratu menjalankan diet sederhana dengan mengonsumsi sayuran dan daging atau ikan yang telah dimasak dengan cara yang memperhatikan kesehatan. Ini bisa meningkatkan umur panjang," ujar Abdeh.

2. Waktu makan

Ratu cenderung berpegang pada empat porsi makanan yang terkontrol, yakni sarapan, makan siang, waktu minum teh sore, dan makan malam. Meskipun rutinitas sehari-harinya dapat berubah sesuai dengan tugas kerajaannya, Ratu berusaha untuk mempertahankan jadwal yang teratur, terutama di pagi hari.

Sang Ratu akan selalu memulai paginya dengan secangkir teh Earl Grey polos pada pukul 07.30. Ia menyeruputnya sebelum sarapan pada pukul 08.30.

"Waktu makan yang teratur dan kontrol porsi, akan bermanfaat bagi kesehatan kita," ujar Abdeh.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA