Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Ini Rencana Ghozali Setelah Sukses dengan NFT Ghozali Everyday

Selasa 18 Jan 2022 16:34 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Akun OpenSea Ghozali yang menjual NFT foto selfie dirinya yang berjduul Ghozali Everyday,

Akun OpenSea Ghozali yang menjual NFT foto selfie dirinya yang berjduul Ghozali Everyday,

Foto: tangkapan layar
Ghozali sedang mengkonsepkan karya NFT animasi 3D.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sultan Gustaf Al Ghozali menjadi fenomenal setelah sukses menjual foto selfie sebagai NFT (Non-Fungible Token) di marketplace Opensea. Harga dari 935 NFT nya laku lebih dari satu miliar rupiah.

Setelah sukses dengan NFT foto selfie, apa yang selanjutnya akan dilakukan Ghozali? Pria kelahiran tahun 1999 itu menyatakan saat ini sedang mengkonsepkan karya NFT animasi 3D yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Baca Juga

"Menurut saya semua pasar itu punya seleranya masing-masing, jadi jangan takut upload karya NFT-nya sendiri. Saran saya belum memulai riset pasar dulu," Ghozali memberi saran untuk konten kreator yang ingin memulai bikin karya dalam bentuk NFT.

 

Ghozali pun mendapatkan tawaran untuk melakukan kerja sama dengan platform marketplace NFT. Tokocrypto melalui plaform marketplace NFT TokoMall bermitra dengan Sultan Gustaf Al Ghozali untuk mengembangkan dan membuka ruang apresiasi atas karya aset digital milik konten kreator lokal di Indonesia.

Quini Arantxa, Community Engagement Executive Tokocrypto, mengatakan NFT menjadi salah satu alternatif bagi pelaku ekonomi kreatif, seperti seniman, musisi, atau lainnya untuk dapat eksis dan bertumbuh dan mendistribusikan karya secara luas sehingga bisa diakses secara global.

"Keberadaan NFT membuat karya seni yang awalnya dianggap tidak berharga, bisa menemukan penikmat atau kolektor yang dapat menghargainya. Lewat semangat itu TokoMall, sebagai pelopor marketplace NFT di Indonesia ingin terus mendukung para kreator, seniman, brand lokal Indonesia dengan memanfaatkan NFT untuk memperluas karya-karya mereka ke panggung dunia," kata Quini dalam siaran pers, Senin (17/1/2022).

Ekosistem NFT juga berpeluang menjadi salah satu instrumen mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan digital Indonesia. Para pembuat NFT bisa mendapatkan revenue stream baru, memastikan royalti serta hak cipta atas karyanya.

Tidak hanya itu, TokoMall juga membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membuat ekosistem NFT di Indonesia. Berbeda dengan marketplace NFT lainnya, TokoMall punya konsep digital meets reality buat kolektor, di mana tidak hanya koleksi NFT untuk investasi, tetapi juga bisa diubah ke barang fisik, seperti merchandise hingga ticketing event.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA