Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Ini Cara Pakai Fitur Dictation, Bisa Pakai Suara untuk Mengetik

Selasa 18 Jan 2022 14:57 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Ultrathin MacBook

Ultrathin MacBook

Foto: Ubergizmo
Anda bisa menulis esai hanya dengan suara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mirip dengan Siri, alat bernama Dictation yang ada di Mac memungkinkan Anda menggunakan suara untuk mengetik. Dictation berfungsi di hampir semua aplikasi atau layanan Mac. Ini berarti, Anda dapat menulis esai di Microsoft Word atau memberikan komentar di Youtube dan Safari hanya dengan suara Anda.

Jika Anda selalu melakukan banyak tugas dan membutuhkan sesuatu untuk membantu Anda menulis email yang panjang atau meninggalkan komentar cepat, Anda bisa gunakan Dictation. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan Dictation, seperti dilansir Cnet, Selasa (18/1):

Baca Juga

Gunakan Dictation dari bilah menu

-Untuk memulai, buka aplikasi pilihan Anda seperti email atau pengolah kata dan klik di mana pun Anda ingin memasukkan teks.

-Selanjutnya, navigasikan ke bilah menu dan klik Edit > Mulai. Setelah Anda melakukannya, ikon mikrofon kecil di sebelah kursor Anda akan muncul. Saat Anda berbicara, Anda akan melihat kontrol volume di mikrofon naik dan turun yang menunjukkan kekuatan suara Anda. Anda juga akan melihat teks mengisi area tempat kursor Anda berada setelah Anda berbicara.

-Setelah Anda selesai mendikte, klik Selesai.

photo
Cara aktifkan Dictation di Mac - (cnet)
 
Gunakan Dikte dengan pintasan keyboard

-Buka Preferensi Sistem.

-Klik pada Keyboard.

-Masuk ke Pintasan.

-Pilih di antara enam opsi, termasuk Press Control Key Twice.

-Opsi pintasan lainnya termasuk tekan tombol Fn dua kali, tekan tombol perintah kanan dua kali, tekan tombol perintah kiri dua kali, tekan salah satu tombol perintah dua kali dan sesuaikan. Jika Anda memilih sesuaikan, Anda dapat memasukkan kombinasi tombol apa saja untuk mengaktifkan Dictation .

-Terakhir, seperti pada langkah pertama, navigasikan ke aplikasi apa pun yang memiliki bidang teks, seperti Gmail. Lalu klik di mana saja di bidang teks dan masukkan perintah keyboard untuk mengaktifkan Dictation. Saat Anda berbicara, teks akan muncul. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA