Selasa 18 Jan 2022 16:05 WIB

Keutamaan Sedekah: Memadamkan Murka Tuhan

Rasulullah SAW pernah bersabda bersedekahlah walau hanya sebutir kurma.

Ilustrasi Sedekah. Keutamaan Sedekah: Memadamkan Murka Tuhan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi Sedekah. Keutamaan Sedekah: Memadamkan Murka Tuhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara hadits adalah sabda Rasulullah SAW, "Bersedekahlah kalian, walaupun dengan sebutir kurma." Dalam riwayat lain, "Jagalah diri kalian terhadap neraka, walapun dengan sepotong buah kurma. Jika itu pun kalian tidak dapat, (bersedekahlah) dengan kalimat yang baik."

Rasulullah SAW bersabda, "Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya hingga saat diputuskan di antara seluruh manusia. Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah rahasia memadamkan murka Tuhan." Rasulullah SAW, ditanya, "Sedekah manakah yang paling utama?" Beliau SAW menjawab, "Engkau bersedekah, sedangkan engkau dalam keadaan sehat, sangat berkekurangan, berharap kaya, dan takut miskin. Dan, janganlah kau tunda sedekah sehingga apabila nafas telah sampai di tenggorokan, engkau berkata, 'Untuk si fulan sekian dan untuk si fulan sekian, padahal itu sudah menjadi milik si fulan.

Baca Juga

Rasulullah SAW bersabda, "Bukanlah orang miskin orang yang ditolak ketika meminta sebutir atau dua butir kurma dan sesuap atau dua suap makanan, tetapi orang miskin adalah orang yang enggan meminta-minta. Bacalah jika kalian mau, "(mereka) tidak meminta kepada orang secara memaksa." Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang Muslim memberikan pakaian kepada Muslim lain melainkan ia berada dalam perlindungan Allah Azza wa Jalla selama pakaian itu masih ada pada si Muslim penerima walaupun tambalan."

Di antara atsar adalah perkataan 'Urwah, "Aisyah ra. benar benar pernah bersedekah sebanyak lima puluh (dirham/dinar), padahal pakaiannya sendiri benar-benar penuh tambalan." 'Umar ra. selalu berdoa, "Ya Allah, berikanlah kelebihan rezeki kepada orang-orang terbaik di antara kami supaya mereka mengembalikannya kepada orang-orang yang membutuhkan di antara kami." Ibnu Abi al-Ja'd berkata, "Sesungguhnya sedekah benar-benar dapat menghalau tujuh puluh pintu keburukan dan keutamaan sedekah rahasia atas sedekah terang-terangan adalah tujuh puluh kali lipat."

sumber : Saripati Ihya Ulumuddin Imam Al-Ghazali Disarikan Syaikh Jamaluddin al-Qasimi
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement